Skripsi
Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Penalaran Moral Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Krisnaningrum, Iva. 2009. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Penalaran Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. 2009.
Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Penalaran Moral Siswa.
Kondisi krisis moral saat ini sangat memprihatinkan semua pihak termasuk orang tua dan para pendidik sebab para pelakunya dan beserta korbannya adalah kaum remaja terutama pelajar. Banyak yang berpandangan bahwa kondisi demikian diduga bermula dari tingkat penalaran moral seseorang terutama orang tua sebagai agen pertama pendidik moral. Dimana tingkat pendidikan orang tua akan mempengaruhi dalam penalaran moral anak sebagai siswa di sekolah. Sehingga semakin tinggi pendidikan orang tua kemungkinan besar akan semakin bagus penalaran moral siswa. Tingkat pendidikan seseorang memang tidak menjamin seseorang memiliki moral yang baik. Namun ketika anak memiliki moral yang baik, otomatis mereka bisa menilai mana pendidikan yang baik dan buruk. Untuk itu, penulis tertarik mengadakan penelitian dengan judul "Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Penalaran Moral Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan bahwa ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap penalaran moral siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah populasi sebanyak 308 siswa. Dari 308 siswa tersebut diambil sampel dengan menggunakan rumus berdasarkan proporsi sebesar 76 siswa yang dibagi 9 kelas. Maka setiap kelas diambil 8 atau 9 siswa.Teknik pengempulan data menggunakan teknik kuesioner untuk mengetahui penalaran moral siswa. Sedangkan teknik analisis data digunakan adalah statistika uji chi-kuadrat. Prosedur uji chi-kuadrat dipakai untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Dalam penelitian ini, variabel independennya adalah tingkat pendidilkan orang tua dan variabel dependennya adalah penalaran moral siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Hasil penelitian dengan uji chi-kuadrat diperoleh nilai sebesar 11,405 (nilai ). Untuk pengujian hipotesis maka nilai tersebut dikonsultasikan pada tabel nilai kritis distribusi chi-kuadrat. Pada tabel nilai kritis distribusi chi-kuadrat. dengan nilai kritis = 3 dan taraf signifikansi didapat . Maka didapat hasil nilai .
Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan jika hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Bearti ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap penalaran moral siswa kelas X SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Sedangkan hipotesis yang menyatakan tidak ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap penalaran moral siswa kelas X SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 ditolak.
PPKN08101 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain