5,991). Pengaruh positif menunjukkan bahwa semakin tinggi keaktifan belajar yang dimiliki siswa akan dapat meningkatkan prestasi belajar tersebut. Diharapkan guru PKn yang mengajar di kelas untuk lebih memberikan penekanan agar siswa dapat aktif dalam belajar karena berdasarkan penelitian, keaktifan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar PKn di Sekolah. Selain itu guru PKn untuk lebih memberikan perhatian terhadap siswa ketika sedang belajar sehingga mereka akan termotivasi dan mereka juga akan bersungguh - sungguh dalam belajar PKn." />
Skripsi
Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Madyastuti, Dini Siswi. 2010. Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. 2010.
Kata Kunci : Keaktifan Siswa, Proses Pembelajaran, Prestasi Belajar PKn
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa kelas X SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010?". Mengacu pada pokok masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa kelas X SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Jenis penelitian yang diambil adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian sampel dan ditentukan dengan teknik pengambilan acak stratifikasi sehingga didapat jumlah sampel yaitu sebanyak 75 siswa dari 9 kelas. Teknik pengumpulan data pokok yang digunakan yaitu kuesioner untuk mengukur keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistika uji Chi-Kuadrat.
Hasil penelitian menyimpulkan adanya Pengaruh keaktifan terhadap prestasi belajar dapat menimbulkan dorongan yang sangat besar kepada anak untuk belajar dan melakukan suatu pekerjaan. Bahkan keberhasilan dalam belajar atau pekerjaan sangat berpengaruh terhadap keaktifan yang dimiliki anak. Semakin tinggi keaktifan yang dimiliki anak semakin tinggi pula tingkat prestasi yang dicapai. Hasil analisis menunjukkan bahwa keaktifan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, hal ini ditunjukkan oleh nilai ?2hitung sebesar 8,397 dan ?2tabel sebesar 5,991, dimana nilai ?2hitung lebih besar dari pada ?2tabel (8,397>5,991). Pengaruh positif menunjukkan bahwa semakin tinggi keaktifan belajar yang dimiliki siswa akan dapat meningkatkan prestasi belajar tersebut.
Diharapkan guru PKn yang mengajar di kelas untuk lebih memberikan penekanan agar siswa dapat aktif dalam belajar karena berdasarkan penelitian, keaktifan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar PKn di Sekolah. Selain itu guru PKn untuk lebih memberikan perhatian terhadap siswa ketika sedang belajar sehingga mereka akan termotivasi dan mereka juga akan bersungguh - sungguh dalam belajar PKn.
PPKN08103 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain