Skripsi
Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Dibandingkan Media Konvensional dalam Pembelajaran PKn Siswa Kelas VII MTs. Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
LELI MUFIDAH, 2010. "Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Dibandingkan Media Konvensional dalam Pembelajaran PKn Siswa Kelas VII MTs. Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010". Pendidikan PPKn, Drs. Subiyanto, M.Pd, Dra. Mursyidah DH, SH., MH., Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Efektivitas, Multimedia Interaktif, Pembelajaran PPKn
Telah dilakukan penelitian tentang: Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Dibandingkan Media Konvensional dalam Pembelajaran PKn Siswa Kelas VII MTs. Negeri Slawi Kabupaten Tegal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran PKn diandingkan dengan media konvensional.
Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VII, yang berjumlah 400 siswa sebagai populasi. Indikator keberhasilan yang dijadikan tolak-ukur dalam penelitian ini adalah: setelah pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif, minimal 65% dari seluruh siswa kelas VII MTs. Negeri Slawi dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) bidang studi PKn yang telah ditetapkan sekolah yakni 65.
Data penelitian diperoleh melalui angket/kuesioner, dokumen hasil belajar dan observasi lapangan. Data-data penelitian yang didapat dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif, kondisi siswa terlihat lebih ceria dibandingkan dengan kegiatan belajar yang menggunakan metode konvensional. Hal ini dapat mendorong siswa untuk lebih giat dalam belajar, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
Prosentasi ketuntasan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif (VCD/DVD) pada materi ajar Kemerdekaan Mengemuka-kan pendapat, terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal dari 64,75% (pada studi awal) menjadi 72,13% (pada siklus I) kemudian meningkat menjadi 84,88% pada siklus II. Sementara itu siswa yang dinyatakan tuntas secara individual berjumlah 36 siswa dan dinyatakan tuntas secara klasikal (90%). Hal tersebut sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan Brown (1973), bahwa: "media pembelajaran berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran dan dapat me-ningkatkan hasil belajar".
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru PKn diharapkan lebih kreatif dalam memilih, menyediakan, menggunakan media pembelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran lebih bervariasi dan tidak membosankan. Hal in diharapkan akan dapat meningkatkan minat dan perhatian sehingga prestasi belajar siswa pun dapat meningkat.
PPKN08106 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain