Skripsi
Peranan Guru TK Dalam Mengatasi Masalah Peserta Didik TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Pelutan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009 / 2010
Indonesia :
UMIANAH, 2010, NPM : 1107500781. Peranan Guru TK Dalam Mengatasi Masalah Peserta Didik TK Aisyiyah Bustanul Ahfal 01 Pelutan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Kata Kunci : Peranan Guru TK dan Masalah Peserta Didik.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa lingkungan belajar mengajar di TK akan selalu menghadapi permasalahan dan apabila permasalahan tidak segera diatasi maka akan menjadi hambatan dalam mencapai tujuan kegiatan belajar di TK. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagian bentuk permasalahan yang dihadapi peserta didik TK, bagaimana peranan guru TK dalam mengatasi masalah serta cara yang tepat bagi guru TK dalam mengatasi masalah yang terjadi pada peserta didik TK.
Peranan guru TK sangat penting mengingat masalah yang dihadapi peserta didik TK sangat komplek diantaranya masalah fisik, psikis dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah ingin mendiskripsikan peranan guru TK dan mendiskripsikan cara yang tepat dalam mengatasi masalah peserta didik TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Pelutan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang.
Populasi penelitian ini adalah guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Pelutan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang yang berjumlah 5 orang, metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, sedangkan hasil analisis menggunakan rumus diskriptif prosentase dengan rumus sebagai berikut :
Dari masing-masing penskoran peranan guru TK dalam mengatasi masalah peserta didik TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Pelutan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun 1009/2010 masing-masing dengan 18 butir, peranan guru TK (77,50%), 22 butir masalah peserta didik TK (79,50%), 10 butir cara mengatasi masalah (79,50%) jumlah ketiga hasil pensekoran = 35,6 dibagi 3 (tiga) aspek diperoleh rata-rata 78,53 tergolong dalam kriteria cukup tepat.
Dalam penelitian ini penulis berharap semoga hasil penelitian ini mampu memberi sumbangan pemikiran kepada guru TK agar meningkatkan pengetahuan tentang peranan guru TK dalam mengatasi masalah peserta didik dengan tetap berpedoman pada program pembelajaran di Taman Kanak-kanak dan kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum berbasis kompetensi tahun 2004 (KBK TK 2004).
Inggris :
UMIANAH, 2010 NPM 1107500781 : Contribution of Kindergarten Teacher to get Problems solves toward students of kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Pelutan in Pemalang Regency in academic year 2009/2010. Thesis Program Study and Counseling.
Key word : Contribution of Kindergarten Teacher and Students Problems.
The background of this research is fact in our environment that teaching in the kindergarten always find many problems and if the problems do not to be handle, it will be obstacle toward aim of study in the kindergarten. Formula in this research is shape of problems that found by teacher in the kindergarten., how contribution that teacher save to get problem solves that happened in the kindergarten.
Teacher contributions are very important, remain that problems are very complex. Such as physical, mental, and social. The aim of this research is to describe teacher contribution and describe way out to handle of the problems. In kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Pelutan in Pemalang Regency.
The population of the research in TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Pelutan in Pemalang consists of 5 persons, data collecting technique uses inquiry and documentation. Result of analysis uses descriptive procentase.
Score of teacher contribution to get problems solves of students TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Pelutan in Pemalang in academic year 2009/2010 with 18 object. Teacher contribution ( 77,50% ) based of quantity score = 35,6 devided 3 aspect , its found mean 78,53, in the appropriate criteria.
Based on the research the writer would like to offer a suggestion that contribution teacher should be increase about knowledge in problem solve toward students of kindergarten based on curriculum competency year 2004 (KBK TK 2004)
BK081058 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain