rtabel = 0,221 yang berarti terdapat korelasi yang kuat, positif dan signifikan antara variabel sikap sosial peserta didik dengan prestasi belajar IPS Ekonomi kelas X SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010. 2) Dari hasil perhitungan determinasi diperoleh koefisien determinasi sebesar 21,53 % yang artinya bahwa sikap sosial peserta didik memberikan kontribusi terhadap variasi naik turunnya prestasi belajar IPS Ekonomi kelas X SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010 sebesar 21,53 %. Sisanya sebesar 78,47 % merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain yang tidak diamati dan memerlukan penelitian lebih lanjut. 3) Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 4,601 > ttabel = 2,890 yang berarti ada pengaruh yang signifikan sikap sosial peserta didik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010. Dengan demikian, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini telah terbukti secara empiris." />