rtabel = 0,221 yang berarti terdapat korelasi yang kuat, positif dan signifikan antara variabel sikap sosial peserta didik dengan prestasi belajar IPS Ekonomi kelas X SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010. 2) Dari hasil perhitungan determinasi diperoleh koefisien determinasi sebesar 21,53 % yang artinya bahwa sikap sosial peserta didik memberikan kontribusi terhadap variasi naik turunnya prestasi belajar IPS Ekonomi kelas X SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010 sebesar 21,53 %. Sisanya sebesar 78,47 % merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain yang tidak diamati dan memerlukan penelitian lebih lanjut. 3) Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 4,601 > ttabel = 2,890 yang berarti ada pengaruh yang signifikan sikap sosial peserta didik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010. Dengan demikian, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini telah terbukti secara empiris." />
Skripsi
PENGARUH SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NU 01 PENAWAJA ADIWERNA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Wartika. 2010. Pengaruh Sikap Sosial Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Dra. Hj. Faridah, M.Si. Dra. Hj. Dewi Apriani Fr, MM. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Sikap Sosial, Prestasi Belajar
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : "Apakah ada pengaruh sikap sosial peserta didik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010 ?". Tujuan yang akan dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap sosial peserta didik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA NU 01 Penawaja Adiwerna tahun pelajaran 2009/2010 sejumlah 79 orang. Sedangkan populasi tersebut dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment dan analisis regresi linier sederhana.
Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil beberapa kesimpulan antara lain sebagai berikut : 1) Dari hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi antara sikap sosial dengan prestasi belajar ekonomi (r) sebesar 0,464 >rtabel = 0,221 yang berarti terdapat korelasi yang kuat, positif dan signifikan antara variabel sikap sosial peserta didik dengan prestasi belajar IPS Ekonomi kelas X SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010. 2) Dari hasil perhitungan determinasi diperoleh koefisien determinasi sebesar 21,53 % yang artinya bahwa sikap sosial peserta didik memberikan kontribusi terhadap variasi naik turunnya prestasi belajar IPS Ekonomi kelas X SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010 sebesar 21,53 %. Sisanya sebesar 78,47 % merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain yang tidak diamati dan memerlukan penelitian lebih lanjut. 3) Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 4,601 > ttabel = 2,890 yang berarti ada pengaruh yang signifikan sikap sosial peserta didik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010. Dengan demikian, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini telah terbukti secara empiris.
PE081002 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain