Skripsi
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP KEBERHASILAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 2 WIRADESA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Hadinoto, 1308500550, Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Keberhasilan Pendidikan di SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Pelajaran 2009/2010
Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan di hampir semua aspek kehidupan dan membawa manusia ke dalam era persaingan global yang semakin ketat. Dalam memberikan respon terhadap hal tersebut, perlu terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki. Sarana yang paling strategis bagi peningkatan Sumber Daya Manusia adalah pendidikan.
Pemerintah mengenai pendidikan nasional dan desentralisasi, yaitu dengan menerapkan dan mengembangkan model manajemen yang disebut "School Based Management" atau Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Berdasarkan hasil observasi, permasalahan pelaksanaan MBS di SMP N 2 Wiradesa adalah kurangnya dana, sarana dan prasarana pendidikan dan kualitas SDM. Dari permasalahan dapat dirumuskan masalah : "Bagaimanakah implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) terhadap keberhasilan pendidikan pada SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan?"
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) terhadap keberhasilan pendidikan pada SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan.
Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut : (1) Manajemen kurikulum dan program pengajaran berada dalam kategori baik; Manajemen siswa berada dalam kategori baik; Manajemen ketenagaan berada dalam kategori cukup ini berarti pimpinan harus lebih meningkatkan pengelolaan tenaga kependidikan yang tersedia di sekolah; Manajemen sarana dan prasarana pendidikan berada dalam kategori baik, ini berarti dapat menciptakan sekolah yang bersih, rapi, indah sehingga menciptakan kondisi yang menyenangkan baik bagi guru maupun siswa untuk berada di sekolah; Manajemen anggaran/biaya berada dalam kategori baik, hal ini membuktikan kemampuan sekolah untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi serta mempertanggungjawabkan pengelolaan dana secara transparan kepada masyarakat dan pemerintah; Manajemen hubungan sekolah dan masyarakat berada dalam kategori baik; Manajemen layanan khusus berada dalam kategori baik. (2) Implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP N 2 Wiradesa dalam kategori baik, meskipun masih ada kekurangan-kekurangan terutama pada manajemen sarana dan prasarana pendidikan
PE081003 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain