Skripsi
Hubungan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Dengan Fasilitas Belajar Siswa Kelas X SMU Negeri 01 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/ 2010
MOHAMAD KHAFIDIN. 2010. Hubungan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Dengan Fasilitas Belajar Siswa Kelas X SMU Negeri 01 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/ 2010. Skripsi Pendidikan Ekonomi. Drs. Budiyono. Dr. H. Basukiyatno, M.Pd. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. 54 halaman.
Kata kunci : Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, Fasilitas Belajar.
Perumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah terdapat hubungan/ korelasi antara kondisi ekonomi orang tua dengan fasilitas sekolah yang disediakan untuk anak/ siswa? Penelitian ini bertujuan : untuk mendeskripsikan hubungan kondisi sosial ekonomi orang tua dengan fasilitas sekolah yang disediakan untuk kelas X di SMU Negeri 01 Pangkah.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMU Negeri 01 Pangkah, Kabupaten Tegal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 286 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel 40 orang siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah angket/ kuesioner.
Adapun analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, Korelasi Pearson dengan angka kasar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kondisi sosial ekonomi orang tua dengan fasilitas sekolah yang disediakan untuk siswa kelas X SMU Negeri 01 Pangkah. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh koefisien korelasi r (hitung) = 0,547. Kemudian dikonsultasikan dengan r (tabel) product moment dengan jumlah N = 40 dengan taraf signifikan 5% diperoleh r (tabel) = 0,312 dan sebesar 0,403 pada taraf signifikan 1%. Oleh karena r (hitung) > r (tabel) baik pada taraf signifikan 1% maupun 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kondisi sosial ekonomi dengan fasilitas sekolah yang disediakan untuk siswa
PE081007 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain