Skripsi
Studi Deskriptif tentang Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Guru dalam Pembelajaran IPS Ekonomi di Kelas VIII SMP Bhakti Praja Suradadi Tahun Pelajaran 2009/2010
Yuni Siskaria. 2010. Studi Deskriptif Tentang Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru dalam Pembelajaran IPS Ekonomi di Kelas VIII SMP Bhakti Praja Suradadi Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Pembimbing I : Dr. Yayat Hidayat Amir, M.Pd. Pembimbing II : Dra. Hj. Faridah, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Persepsi siswa, Kompetensi Guru, Pembelajaran IPS Ekonomi
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : "Bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran IPS Ekonomi pada kelas VIII SMP Bhakti Praja Suradadi Tahun Pelajaran 2009/2010 ?". Tujuan yang akan dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang persepsi siswa terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran dan untuk mengetahui sejauh mana persepsi siswa terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran IPS Ekonomi dalam peserta didik kelas VIII SMP Bhakti Praja Suradadi Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peseta didik kelas VIII SMP Bhakti Praja Suradadi tahun pelajaran 2009/2010 sejumlah 65 siswa. Sedangkan populasi tersebut dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Sedangan metode analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis deskriptif prosentase.
Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran IPS Ekonomi dalam criteria baik dengan melihat hasil penelitian rentang skor persepsi siswa (63,00 - 74,99) dari 46 orang siswa dengan jumlah sampel 65 orang siswa yang selanjutnya dikonsultasikan kedalam rentang prosentase diiperoleh prosentase 70,76% dari rentang prosentase antara 68,00% - 83,99%, maka persepsi siswa terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran IPS Ekonomi termasuk dalam kriteria tinggi.
PE081008 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain