Skripsi
Studi Deskriptif Pelaksanaan Metode Pembelajaran Moving Class Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
ROFA HANJANI. 2010. Studi Deskriptif Pelaksanaan Metode Pembelajaran Moving Class Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Drs. Budiyono. Dra. Hj. Dewi Apriani Fr, M.M. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Moving Class
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana dan sejauh mana sistem pembelajaran menggunakan Moving Class (Kelas Berpindah) diterapkan pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran/ deskripsi dalam kesiapan pihak sekolah, guru, dan siswa juga tanggapan orang tua murid dalam penerapan sistem pembelajaran menggunakan Moving Class (Kelas Berpindah).
Untuk menjawab permasalahan tersebut, diajukan beberapa pertanyaan kepada beberapa responden yaitu Kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa. Sampel yang diambil adalah sebanyak 30 siswa. Dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Metode wawancara dilakukan pada responden dari Kepala sekolah yang menyatakan siap dalam menerapkan Moving Class (Kelas Berpindah) dan dari 3 guru ekonomi 2 guru menyatakan siap dalam menerapkan Moving Class (Kelas Berpindah). Metode kuesioner dilakukan dari 30 responden siswa yang menyatakan siap sebesar 67% dalam menjalankan Moving Class (Kelas Berpindah) sejumlah 20 siswa dan tanggapan orang tua siswa sebesar 81% setuju dengan diterapkannya Moving Class (Kelas Berpindah) sejumlah 24 orang.
Metode observasi dilakukan untuk mengamati bagaimana dan sejauh mana penerapan sistem pembelajaran menggunakan Moving Class (Kelas Berpindah) yang di jalankan di SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal dan dapat diambil kesimpulan secara umum bahwa penerapan sistem pembelajaran menggunakan Moving Class (Kelas Berpindah) pada mata pelajaran ekonomi kelas X, dapat menerapkan sistem pembelajaran menggunakan Moving Class (Kelas Berpindah) walaupun belum 100% penerapannya berjalan dengan baik. Mengingat terbatasnya kemampuan guru dalam tenaganya, dan fikiran. Karena sistem ini banyak membutuhkan tenaga ekstra untuk mengelola kelas dan mengatur siswa-siswi agar dalam proses pembelajaran menjadi efektif. Dan metode dokumentasi yaitu untuk mencari dokumen-dokumen penting dari sekolah.
PE081009 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain