Skripsi
Studi Korelasi Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Ekonomi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Imam Romli. NPM. 1307500442. 2010. Skripsi. Studi Korelasi Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Ekonomi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan/korelasi antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi (pada siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010). Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui hubungan/korelasi antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi (pada siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010).
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 264 siswa. sampel dalam penelitian ini ditetapkan 16% dari jumlah populasi dari 345 siswa = 40 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak atau random. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisis data, ditemukan adanya korelasi yang positif dan signifikan korelasi minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi yang dibuktikan dalam perhitungan reliabilitas yaitu (r hitung 0,555 > r table 0,312) Hal ini menunjukkan bahwa ternyata nilai r hitung lebih besar r tabel pada taraf signifikan 5% yang berarti dapat dikatakan bahwa Hipotesis nihil (Ho) ditolak, yang mengemukakan "Tidak ada korelasi minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi, Hipotesis alternative (Ha) diterima, yang mengemukakan "Ada korelasi minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi".
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah bahwa telah terbukti benar-benar menunjukkan ada adanya korelasi yang positif dan signifikan hubungan motivasi belajar dalam memahami pelajaran IPS Ekonomi dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah Kepada guru khusunya guru Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah hendaknya dapat meningkatkan minat belajar dalam memahami pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial secara maksimal sehingga akan menumbuhkan motivasi belajar pada diri siswa.
PE081010 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain