Skripsi
Studi Korelasi Tingkat Penggunaan Media Massa Sebagai Metode Pembelajaran Dengan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
LUKMAN ABDUL KHAKIM. 1306500298. 2010. Studi Korelasi Tingkat Penggunaan Media Massa Sebagai Metode Pembelajaran Dengan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: penggunaan media massa, kemampuan menyampaikan pendapat.
Tujuan dari penelitian ini untuk menguji hipotesis yang berbunyi : "Terdapat korelasi positif tingkat penggunaan media massa sebagai metode pembelajaran, dengan kemampuan menyampaikan pendapat dalam mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas X SMA Al-Irsyad dengan jumlah 197 siswa. Dan sample yang diambil dalam penelitian ini adalah 10 siswa.
Dari analisis data korelasi rank order spearman, diperoleh koefisien korelasi rho : 0,794, yang berarti terdapat korelasi cukup kuat antara penggunaan media massa terhadap kemampuan menyampaikan pendapat siswa. Artinya apabila semakin baik media massa digunakan maka akan semakin tinggi kemampuan menyampaikan pendapat siswa mata pelajaran ekonomi.
Kesimpulannya adalah terdapat korelasi antara penggunaan media massa dengan peningkatan kemampuan menyampaikan pendapat pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
PE081012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain