Skripsi
STUDI DESKRIPTIF PENGGUNAAN MEDIA PENGAJARAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 3 LARANGAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
BUCHARI,. 1308500546 (2010). "Studi Deskriptif Penggunaan Media Pengajaran dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Larangan Tahun Pelajaran 2009 / 2010". Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Deskriptif, Media, Prestasi Belajar, IPS.
Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh penggunaan media pengajaran dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS.
Untuk mendukung kajian tersebut, maka beberapa konsep dikemukakan meliputi : Pengertian media pengajaran, fungsi dan manfaat media pengajaran, jenis dan macam media pengajaran, peranan media pengajaran dalam proses belajar mengajar, pengertian belajar, pengertian prestasi belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, hakekat IPS, Fungsi IPS, Tujuan IPS, Ruang Lingkup IPS dan Materi IPS.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Larangan yang berjumlah 160 siswa. Sedangkan sampelnya berjumlah 40 yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling secara undian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pengajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat meningkatkan dan memperlancar proses dan hasil belajar, mengatasi keterbatasan waktu, indera dan ruang, meningkatkan motivasi belajar siswa serta memungkinkan siswa untuk belajar mandiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
Akhirnya, hasil penelitian ini menyarankan agar : (1) Kepala Sekolah senantiasa mengevaluasi kegiatan PBM, (2) Para guru memanfaatkan dan menciptakan media pembelajaran untuk tercapainya tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif, (3) Para siswa lebih meningkatkan
PE081013 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain