Skripsi
Studi Deskriptif Aplikasi Metode Pembelajaran Think, Write, and Talk pada Mata Pelajaran Tataniaga Hasil Perikanan untuk Siswa Kelas II SUPM Negeri Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
WASIS EKA PRIHATIN. 2010 : Studi Deskriptif Aplikasi Metode Pembelajaran Think, Write, and Talk pada Mata Pelajaran Tataniaga Hasil Perikanan untuk Siswa Kelas II SUPM Negeri Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Drs. Budiyono. Dra. Hj. Faridah, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Think, Write, and Talk, Tataniaga Hasil Perikanan.
Penelitian deskriptif ini bertujuan mendeskripsikan aplikasi metode pembelajaran think, write and talk pada mata pelajaran Tataniaga Hasil Perikanan pada siswa kelas II SUPM Negeri Tegal tahun pelajaran 2009/2010. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan evaluasi. Dari hasil analisi data dapat diketahui sebagai berikut.
Pembelajaran Tataniaga Hasil Perikanan dengan menggunakan metode think, write, and talk pada siswa kelas II SUPM Negeri Tegal semester IV Tahun Pelajaran 2009/2010 telah dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat diketahui dari indikasi peningkatan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, keaktifan siswa dalam diskusi, kemampuan siswa dalam menghimpun hasil diskusi, dan kelancaran dalam menjawab pertanyaan kelompok lain, mendapatkan nilai kriteria cukup dengan rentangan nilai 60 - 70 yang mencapai 50 persen. Aspek lain terlihat pula dari hasil nilai rata-rata kelas.
Kesiapan sekolah dalam melakukan pembelajaran Tataniaga Hasil Perikanan dengan menggunakan metode think, write and talk menunjukkan data yang baik. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dan observasi yang memberikan data kesiapan yang baik dari aspek kurikulum, guru, siswa, dan sarana.
Persepsi siswa terhadap pembelajaran Tataniaga Hasil Perikanan dengan menggunakan metode think, write, and talk sangat menyenangkan. Hal ini diketahui dari hasil angket yang menunjukkan angka 70 persen menjawab menyenangkan dan 64 persen siswa memiliki persepsi lebih mudah memahami materi dan 35 persen menjawab cukup.
Hambatan yang ditemui pada pembelajaran Tataniaga Hasil Perikanan dengan menggunakan metode think, write, and talk pada siswa kelas II SUPM Negeri Tegal tahun pelajaran 2009/2010, yang berdampak mengganggu atau menyebabkan berjalannya PBM terganggu, secara umum tidak ditemui. Hambatan secara khusus, yang berskala kecil dan dapat diatasi siswa dan guru, dapat diketahui hanya pada saat pelaksanaan di kelas. Hambatan itu meliputi keterbatasan waktu, sumber belajar, perbedaan motivasi setiap siswa, dan perbedaan kemampuan berbicara setiap siswa.
PE081014 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain