r tabel (0,621 > 0,349). Karena rhitung lebih besar, maka Ho ditolak dan Ha diterima; yang berarti terdapat korelasi positif antara persepsi siswa akan kualitas guru dalam mengelola kelas dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Balapulang Tahun Pelajaran 2009-2010. Hubungan persepsi siswa akan kualitas guru dalam mengelola kelas (X) dan hasil belajar ternyata kuat (erat). Karena r = 0,621 yang terletak pada interval koefisien 0,600-0,799 yang menunjukkan tingkat hubungan yang kuat dan positif." />
Skripsi
Studi Korelasi Persepsi Siswa Akan Kualitas Guru Dalam Mengelola Kelas Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Balapulang Tahun Pelajaran 2009/2010
Furqonul Aziz/1307500444. Judul: "Studi Korelasi Persepsi Siswa Akan Kualitas Guru Dalam Mengelola Kelas Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Balapulang Tahun Pelajaran 2009/2010", Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UPS Tegal
Rumusan masalah penelitian 'Apakah terdapat korelasi positif antara persepsi siswa akan kualitas guru dalam mengelola kelas dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Balapulang Tahun Pelajaran 2009-2010. Tujuan penelitian ini ingin menguji hipotesis yang dinyatakan bahwa ada korelasi positif antara persepsi siswa akan kualitas guru dalam mengelola kelas dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Balapulang Tahun Pelajaran 2009-2010.
Pendekatan penelitian menggunakan metode deskriptif korelasional, yaitu mempelajari hubungan antara variabel persepsi siswa akan kualitas guru dalam mengelola kelas, dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Populasi penelitian berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan studi documenter.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara Perspsi Siswa dengan Hasil Belajar IPS. Hal ini berdasarkan hasil korelasi rxy=0.621. Dikonsultaskan dengan R tabel dengan N = 30 taraf signifikansi ? = 0.05% diperoleh r tabel = 0,349 sehingga rhitung > r tabel (0,621 > 0,349). Karena rhitung lebih besar, maka Ho ditolak dan Ha diterima; yang berarti terdapat korelasi positif antara persepsi siswa akan kualitas guru dalam mengelola kelas dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Balapulang Tahun Pelajaran 2009-2010.
Hubungan persepsi siswa akan kualitas guru dalam mengelola kelas (X) dan hasil belajar ternyata kuat (erat). Karena r = 0,621 yang terletak pada interval koefisien 0,600-0,799 yang menunjukkan tingkat hubungan yang kuat dan positif.
PE081015 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain