(lebih besar) dari pada harga kritik r = 0,334 maka dapat diketahui adalah hubungan yang positif antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar Akuntansi pada siswa kelas XI semester II SMK N 2 Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010. Maka koefisien korelasi atau koefisien r = 0,447 berarti dikategorikan termasuk sedang atau cukup kuat, jadi kedisiplinan belajar mempunyai tingkat hubungan yang sedang atau cukup kuat terhadap prestasi belajar Akuntansi yaitu sebesar 0, 447. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar memberi pengaruh sebesar 44,70 % terhadap prestasi belajar Akuntansi." />
Skripsi
Studi Korelasi Kedisiplinan Belajar Dengan Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Semester II SMK N 2 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Siti Maryam, 2010, Skripsi " Studi Korelasi Kedisiplinan belajar dengan Prestasi belajar Akuntansi pada siswa kelas XI semester II SMK N 2 Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010". Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu pendidikan.
Kata Kunci : Kedisiplinan belajar, Prestasi belajar Akuntansi
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat korelasi positif antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar Akuntansi, pada siswa kelas XI SMK N 2 Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kedisiplinan belajar siswa, gambaran prestasi pada siswa, dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi belajar Akuntansi pada siswa kelas XI semester II SMK N 2 Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI semester II SMK N 2 Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010 berjumlah 308 siswa, yang terdiri atas 9 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI semester II jurusan Akuntansi II SMK N 2 Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010, sebanyak 35 siswa. Teknik sampel menggunakan teknik klaster atau cluster sampling.
Penelitian ini menguji hipotesis yang berbunyi "Terdapat korelasi positif antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar Akuntansi pada siswa kelas XI SMK N 2 Kota Tegal Tahun pelajaran 2009/2010". Dari analisis data product moment dengan N = 35 taraf signifikansi 5 % maka diperoleh harga kritik r = 0,334 dan r hasil hitung = 0,447 jadi r hasil hitung = 0,447 > (lebih besar) dari pada harga kritik r = 0,334 maka dapat diketahui adalah hubungan yang positif antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar Akuntansi pada siswa kelas XI semester II SMK N 2 Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010.
Maka koefisien korelasi atau koefisien r = 0,447 berarti dikategorikan termasuk sedang atau cukup kuat, jadi kedisiplinan belajar mempunyai tingkat hubungan yang sedang atau cukup kuat terhadap prestasi belajar Akuntansi yaitu sebesar 0, 447. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar memberi pengaruh sebesar 44,70 % terhadap prestasi belajar Akuntansi.
PE081016 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain