r tabel yaitu sebesar 0,465 > 0,312 pada taraf 5% dan pada taraf 1%, 0,465 > 0,403. Hal ini berarti terdapat korelasi positif antara kedua variabel penelitian yakni : penggunaan media belajar VCD dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran VCD pada mata pelajaran IPS Ekonomi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII MTs. Negeri Slawi Tahun 2009 pada mata pelajaran IPS Ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru IPS Ekonomi diharapkan lebih kreatif dalam menyediakan, menggunakan dan menciptakan media pembelajaran, mengingat banyak kegiatan-kegiatan di masyarakat yang bisa dijadikan media pembelajaran." />
Skripsi
Hubungan Antara Minat Siswa Dalam Pembelajaran Berbantuan VCD dengan Prestasi Belajar IPS Ekonomi Siswa MTs. Negeri Slawi Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
HABIBAH, 2010. Hubungan Antara Minat Siswa Dalam Pembelajaran Berbantuan VCD dengan Prestasi Belajar IPS Ekonomi Siswa MTs. Negeri Slawi Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010". Pendidikan Ekonomi, Drs. Budiyono, Dra. Dewi Apriani Fr., MM, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: VCD Pembelajaran, Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa
Penelitian ini berlatar belakang pada kegiatan pembelajaran IPS Ekonomi di kelas, guru IPS belum optimal dalam memanfaatkan dan memberdayakan sumber pembelajaran yang dimiliki sekolah. Sementara, pengamatan di lapangan menunjuk-kan hal menarik bahwa siswa yang mendapatkan materi pembelajaran dengan menggunakan VCD pembelajaran IPS Ekonomi, cenderung memperoleh prestasi lebih baik dibandingkan dengan siswa lain yang mendapatkan materi pembelajaran secara konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara minat siswa terhadap penggunaan VCD pembelajaran IPS Ekonomi dengan prestasi belajar yang dicapai siswa.
Pada penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VII MTs. Negeri Slawi Kab. Tegal, yang berjumlah 400 siswa sebagai populasi. Sedangkan sampel penelitian, diambil secara acak berjumlah 40 siswa. Variabel bebas (X) adalah minat siswa dalam penggunaan VCD pembelajaran IPS Ekonomi, sedangkan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar IPS Ekonomi siswa-siswi kelas VII MTs. Negeri Slawi. Data penelitian diperoleh melalui angket/kuesioner, dokumen hasil belajar dan observasi lapangan. Data-data penelitian yang didapat dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskripsi dan analisis statistik inferensial menggunakan korelasi product moment .
Hasil perhitungan statistik dengan menggunakan korelasi product moment, diperoleh perhitungan statistik menunjukkan rxy > r tabel yaitu sebesar 0,465 > 0,312 pada taraf 5% dan pada taraf 1%, 0,465 > 0,403. Hal ini berarti terdapat korelasi positif antara kedua variabel penelitian yakni : penggunaan media belajar VCD dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran VCD pada mata pelajaran IPS Ekonomi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII MTs. Negeri Slawi Tahun 2009 pada mata pelajaran IPS Ekonomi.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru IPS Ekonomi diharapkan lebih kreatif dalam menyediakan, menggunakan dan menciptakan media pembelajaran, mengingat banyak kegiatan-kegiatan di masyarakat yang bisa dijadikan media pembelajaran.
PE081017 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain