Skripsi
Studi Eksperimen Apilkasi Metode Pembelajaran Card Sort untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 12 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
MIFTAH FITRIADI, 2010, Studi Eksperimen Aplikasi Metode Pembelajaran Card Sort untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Kota Tegal Tahun Ajaran 2009 / 2010. Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Card Sort, Prestasi belajar
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang ada tidaknya peningkatan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan menggunakan metode Card Sort (Kelompok Eksperimen) dengan siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan metode Card Sort (Kelompok Kontrol).
Berdasarkan landasan teori, maka hipotesis penelitian ini adalah " Penggunaan metode pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Kota Tegal" dan hipotesis Statistik adalah " Prestasi belajar IPS pada kelompok Eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelompok Kontrol ".
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Tegal Tahun Ajaran 2009 / 2010 yang berjumlah 233 siswa.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, kelas VIIIA yang berjumlah 38 siswa diambil sebagai kelompok eksperimen yaitu siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode Card Sort dan Kelas VIIIB yang berjumlah 38 siswa diambil sebagai kelompok kontrol yaitu siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan metode Card Sort (metode ceramah).
Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes tertulis sebanyak 20 butir soal dalam bentuk pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a,b,c,d ).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan taraf signifikan 5 % dan Derajat Kebebasan (DK) 74 terdapat perbedaan prestasi belajar IPS yang signifikan antara siswa smp kelas VIII yang diberi pembelajaran menggunakan metode Card Sort dengan siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan metode Card Sort (metode ceramah). Hasil Zhitung diperoleh 3,7579 sedangkan Ztable 2,644 yang berarti Zhitung lebih besar dari Ztabel, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa pada taraf signifikansi 5% Studi Eksperimen Aplikasi Metode Pembelajaran Card Sort memperoleh prestasi belajar siswa yang lebih baik dalam pembelajaran IPS terbukti dan diterima.
Jadi, kesimpulannya adalah pada siswa SMP Negeri 12 kota Tegal kelas VIII semester genap tahun ajaran 2009 /2010 yang diberi pembelajaran menggunakan Card Sort memperoleh prestasi belajar IPS yang lebih baik.
PE081018 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain