Skripsi
Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur Terhadap Prestasi Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa Kelas X Semester II SMA NU 01 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009 / 2010
INDAH YUNIATUN.2010 Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur Terhadap Prestasi Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa Kelas X Semester II SMA NU 01 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009 / 2010.Skripsi.Pendidikan Ekonomi. Dr.Yayat Hidayat Amir,M.Pd.dan Dra.Hj.Faridah, Msi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universias Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Tugas Terstruktur dan Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur Terhadap Prestasi Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa Kelas X Semester II SMA NU 01 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X Semester II SMA NU 01 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009 / 2010 berjumlah 79 siswa. Dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Hasil belajar Ekonomi sebelum pemberian tugas terstuktur mencapai nilai tertinggi adalah sebesar 70, nilai terendah 40 serta mean 64,30. Dengan demikian, mean belajar Ekonomi sebelum pemberian tugas sebesar 64,30 berada dalam interval 61-69 yang termasuk kategori cukup; 2) Hasil belajar Ekonomi sesudah pemberian tugas terstuktur mencapai nilai tertinggi adalah sebesar 85, nilai terendah 60 serta mean 72,97. Dengan demikian, mean belajar Ekonomi sebelum pemberian tugas sebesar 72,97 berada dalam interval 61-69 yang termasuk kategori cukup; 3) Hasil analisis regresi menemukan koefisien arah regresi Y atas X sebesar 0,80 dengan nilai konstan 21,76. Koefisien regresi Y atas X 21,76 itu mengisyaratkan rata-rata perubahan yang terjadi pada hasil belajar (Y) pada setiap unit perubahan pada pemberian tugas terstruktur (X). Hasil tersebut menujukan adanya sumbangan relatif X atasY sebesar 80,6%; 4) Hasil perhitungan untuk menghitung signifikan uji T menunjukan harga t hitung lebih besar dari t tabel, atau 11,94 ? 1.990, dengan db 1 lawan 77 dengan taraf signifikan 5% sebesar 1,990. Hal ini berarti bahwa pemberian tugas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010.
Saran dalam penelitian ini hendaknya pemberian tugas terstruktur lebih ditingkatkan lagi, baik kualitas maupun kuantitasnya agar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dan bagi siswa hendaknya sering belajar dan berlatih dalam mengerjakan soal, selain itu siswa juga diharapkan mengerjakan tugas terstrukturnya dengan baik karena tugas terstruktur juga berpengaruh terhadap prestasi belajar.
PE081019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain