ttabel sebesar 1,457, yang berarti dapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara sebelum menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD (rata-rata 65,6) dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD (rata-rata 68,4). Selanjutnya dari hasil analisis data dengan menggunakan analisis prosentase maka diperoleh hasil 25 siswa yang dalam kriteria baik (63,00-74,99) dari jumlah sampel 35 siswa. Dengan nilai prosentase 71,42% yang selanjutnya di dikonsultasikan pada rentang prosentase (68 - 83,99 %) dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Efektifitas Model Pembelajaran Tipe STAD (Student Teams Achievemen Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Semester Genap di Kelas X SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 dalam kriteria baik. Sarannya dalam kegiatan belajar mengajar hendahnya guru perlu mengupayakan tindakan dan penerapan proses belajar mengajar yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa." />
Skripsi
Efektifitas Model Pembelajaran Tipe STAD (Student Teams Achievemen Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Semester Genap di Kelas X SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
MAFTUKHATUN NISWAH 2010, Skripsi, Efektifitas Model Pembelajaran Tipe STAD (Student Teams Achievemen Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Semester Genap di Kelas X SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Tipe STAD, Hasil Belajar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah " Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi dengan Model Pembelajaran Tipe STAD di SMA Al-Irsyad Tegal?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya Model Pembelajaran tipe STAD dalam mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Al-Irsyad Tegal.
Dalam penelitian ini dipilih sampel secara random sampling dan kelas X.1 sebagai subyek penelitiannya antar sebelum menggunakan Model Pembelajaran tipe STAD dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran tipe STAD .
Dari hasil analisis data dengan uji t diperoleh thitung sebesar 1,55 > ttabel sebesar 1,457, yang berarti dapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara sebelum menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD (rata-rata 65,6) dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD (rata-rata 68,4).
Selanjutnya dari hasil analisis data dengan menggunakan analisis prosentase maka diperoleh hasil 25 siswa yang dalam kriteria baik (63,00-74,99) dari jumlah sampel 35 siswa. Dengan nilai prosentase 71,42% yang selanjutnya di dikonsultasikan pada rentang prosentase (68 - 83,99 %) dalam kriteria baik.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Efektifitas Model Pembelajaran Tipe STAD (Student Teams Achievemen Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Semester Genap di Kelas X SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 dalam kriteria baik. Sarannya dalam kegiatan belajar mengajar hendahnya guru perlu mengupayakan tindakan dan penerapan proses belajar mengajar yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.
PE081021 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain