ttabel sebesar 1,457, yang berarti dapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara sebelum menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD (rata-rata 65,6) dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD (rata-rata 68,4). Selanjutnya dari hasil analisis data dengan menggunakan analisis prosentase maka diperoleh hasil 25 siswa yang dalam kriteria baik (63,00-74,99) dari jumlah sampel 35 siswa. Dengan nilai prosentase 71,42% yang selanjutnya di dikonsultasikan pada rentang prosentase (68 - 83,99 %) dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Efektifitas Model Pembelajaran Tipe STAD (Student Teams Achievemen Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Semester Genap di Kelas X SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 dalam kriteria baik. Sarannya dalam kegiatan belajar mengajar hendahnya guru perlu mengupayakan tindakan dan penerapan proses belajar mengajar yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa." />