t = 2,891 Taraf signifikansi sebesar 99% (atau ).. Dengan adanya hasil penelitian yang menujukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara intensitas membaca buku perpustakaan terhadap prestasi belajar hendaknya siswa menjadikan hal ini sebagai wacana untuk meningkatkan aktifitas dan kegemaran membaca sehingga prestasi belajarnya juga dapat meningkat. Kata kunci : Intensitas membaca buku perpustakaan dan prestasi belajar mata pelajaran IPS." />
Skripsi
Pengaruh Intensitas Membaca Buku perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Semester II Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010
Andika Yoga Setiawan. 2010. "Pengaruh Intensitas Membaca Buku Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Semester II pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010", Skripsi Pendidikan Ekonomi. Dr. Yayat Hidayat Amir, M.Pd., Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
Pembangunan sebuah negara adalah bergantung kepada rakyatnya yang berilmu pengetahuan, berfikiran positif, rajin dan berdaya saing. Ilmu pengetahuan dapat diperoleh melalui aktivitas membaca. Sekarang ini harus kita akui bahwa minat membaca yang diwujudkan dengan aktivitas membaca buku di kalangan siswa umumnya masih rendah. Alasan klasik yang sering mengemuka adalah bahwa membaca belum membudaya di kalangan masyarakat, khususnya pelajar. Mereka menganggap aktivitas membaca itu merupakan aktivitas yang membosankan atau membuat jemu dan lelah. Bertolak dari pemikiran tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul "Pengaruh Intensitas Membaca Buku Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Semester II pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010" Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh intensitas membaca buku perpustakaan terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS semester II pada SMP Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes kelas VIII tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian dilaksanakan pada SMP Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes sebanyak 312 siswa, sampel diambil sebanyak 78 siswa. Data intensitas membaca buku perpustakaan diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar IPS diperoleh melalui dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.
Hasil analisis menunjukkan bahwa intensitas membaca buku perpustakaan terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS diperoleh persamaan regresi : Y= 48,615 + 0,363 X. Uji regresi diperoleh t = t = t = 2,891 Taraf signifikansi sebesar 99% (atau ) berarti intensitas membaca buku perpustakaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Uji t untuk variabel intensitas membaca buku perpustakaan diperoleh t = 3,330 > t = 2,891 Taraf signifikansi sebesar 99% (atau )..
Dengan adanya hasil penelitian yang menujukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara intensitas membaca buku perpustakaan terhadap prestasi belajar hendaknya siswa menjadikan hal ini sebagai wacana untuk meningkatkan aktifitas dan kegemaran membaca sehingga prestasi belajarnya juga dapat meningkat.
Kata kunci : Intensitas membaca buku perpustakaan dan prestasi belajar mata pelajaran IPS.
PE081022 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain