Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009-2010
Iryana Dewi Astuti. 2010. : "Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenagkan (PAKEM) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010" . Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Dr. Yayat Hidayat Amir. Dra. Daliyati, S.E. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajran, PAKEM, Mata Pelajaran Ekonomi
Dalam penulisan skripsi ini penulis dapat mengidentifikasi dan merumuskan masalah : "Sejauh mana penerapan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dalam mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Brebes Tahun pelajaran 2009/2010?. Beranjak dari masalah yang telah dirumuskan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan penerapan Model PAKEM pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2009/2010 dan berhasil tidaknya Model Pembelajaran yang dilakukan oleh para guru, serta untuk Megetahui seberapa jauh prestasi siswa dengan menggunakan penerapan Model PAKEM pada mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Brebes.
Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X yang berjumlah 320 orang, yang terdiri dari lima Lima kelas. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling (sampel acak) melalui undian yaitu teknik untuk mendapatkan sampel yang langsung dilakukan pada unit sampling yang berjumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara mengunakan dokumentasi dan angket.
Hasil penelitian mengunakan analisis deskriptif data primer yang menujukan Kesiapan peserta didik dalam menerapkan model pembelajaran PAKEM ber dasarkan tabel tersebut sebanyak 22,5% peserta didik yang siap sejumlah 10 peserta didik. Dan 40,12% peserta didik yang tidak siap sejumlah 15 peserta didik sedangkan analisis deskriptif data sekunder menujukan ciri - ciri Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) adalah sebagai berikut: Penataan meja kursi, guru mengajar dengan berbagai cara misalnya lewat kelompok, diskusi, anak berpasangan, dan kerja anak individu juga diperlukan, Suasana bebas peserta didik memiliki dukungan suasana bebas untuk menyampaikan/mengungkapkan pendapat secara bebas baik dalam diskusi, tulisan maupun kegiatan lain, Umpan balik guru, guru memberikan tugas yang bervariasi dan secara langsung memberi umpan balik agar anak segera memperbaiki kesalahannya, dan Lingkungan sekitar, lingkungan sekitar sekolah dapat dijadikan media pembelajaran seperti lapangan, pohon, kantor, dan lain-lain.
X1500001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain