Skripsi
Pengaruh Inferioritas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas X Semester Genap di SMK PGRI Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
DEDE URMIYANTI, "Pengaruh Inferioritas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas X Semester Genap Di SMK PGRI Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UPS Tegal
Kata Kunci : Pengaruh, Inferioritas, motivasi belajar IPS Ekonomi
Inferioritas merupakan sebuah kondisi dimana seseorang individu merasa pesimis dalam memandang dan menghadapi hidup . Inferioritas sangat tergantung pada konsep diri. Konsep diri adalah gambaran mental diri sendiri yang terdiri dari pengetahuan tentang diri. Semua harapan dan penilaian terhadap diri adalah informasi yang dimiliki seseorang yang secara mutlak. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran tentang inferoritas siswa kelas X SMK PGRI Tegal, bagaimanakah pengaruh inferioritas siswa yang berbeda terhadap motivasi belajar siswa dan seberapa besar pengaruh inferioritas terhadap motivasi belajar Ekonomi. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimanakah inferioritas siswa kelas X SMK PGRI Tegal dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar IPS Ekonomi dan untuk mengetahui besarnya pengaruh latar belakang inferioritas siswa yang berbeda terhadap motivasi belajar IPS Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK PGRI Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 240 siswa. Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan Random Sampling, untuk masing-masing kelas. Variabel dalam penelitian ini terdiridari satu variabel Bebas (Inferioritas) dan satu variabel terikat (Motivasi belajar IPS Ekonomi). Metode pengambilan data digunakan metode angket dan metode dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 63,3% responden memiliki Inferioritas yang tergolong sedang, hasil Analisis data menunjukan ada Pengaruh positif Inferioritas Siswa SMK PGRI Tegal terhadap motivasi belajar IPS Ekonomi berdasarkan persamaan Y=26,03+0,47X. Dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif antara inferioritas terhadap motivasi belajar siswa SMK PGRI Tegal "diterima".
Saran yang dapat diberikan yaitu karena adanya hubungan antara inferioritas dengan motivasi belajar siswa, maka bagi orang tua selalu memberikan perhatian, kasih sayang, sehingga anaknya lebih semangat dalam belajar
PE081024 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain