Skripsi
Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Akutansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA AL-Irsyad Tegal Tahun pelajaran 2009/2010
DYAH RATNA WAHYUNI. 2010. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA AL-IRSYAD Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi Sarjana 1 Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal
Kata kunci : Kesulitan Belajar Siswa, Pembelajaran Akuntansi
Permasalahan penelitian ini adalah Faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA AL-Irsyad. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh informasi tentang faktor kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA AL-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA AL-Irsyad Tegal Tahun 2009 /2010 yang mengalami kesulitan belajar, sebanyak 150 siswa dengan sampel 40 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode angket dan dokumentasi. Penulisan menggunakan tes angket sebagai instrumen dalam penelitian ini. Tes tersebut terdiri dari 30 soal dengan empat pilihan jawaban untuk mengetahui validitas dan reabilitas dari instrumen. Pendirian penulis menguji cobakan pada 20 siswa SMA AL-Irsyad Tegal yang mempunyai kesulitan belajar akuntansi yang sama dengan sampel penelitian ini. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah rumus presentase statistik deskriptif.
Hasil dari penelitian ini, faktor kesulitan belajar yang banyak di alami oleh siswa kelas XI SMA AL-Irsyad Tegal adalah faktor minat dan bakat dengan presentase 75,62%, faktor lingkungan alam dan sosial dengan presentase 73,59%, faktor sarana dan prasarana rata-rata dengan presentase 75%, dan faktor guru dengan presentase 76,67% jika di konsultasikan dengan kriteria yang di tetapkan adalah sangat menghambat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kelas XI SMA AL-Irsyad Tegal disebabkan kurangnya minat dan bakat, lingkungan alam dan sosial, sarana dan fasilitas, serta guru. Saran Belajar akuntansi perlu ketekunan serta waktu untuk latihan-latihan, untuk mengembangkan kemampuan akuntansi.
PE081026 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain