Skripsi
Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Usmaniyyah Yamansari Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009-2010
Ma'mun Sofyan/1306500312. Judul: Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Usmaniyyah Yamansari Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009-2010' Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UPS Tegal.
Kata kunci : Model pembelajaran berbasis masalah
Kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik apabila seorang guru menguasai model-model pembelajaran. Dan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran berbasis masalah
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII.
Berasarkan landasan teori, hipotesis dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Hasil yang diperoleh siswa dengan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbeda dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Semester II SMP Al-Usmaniyyah Yamansari Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009-2010 dengan populasi 62 siswa. Sampel penelitian tersebut dibagi dua kelompok yaitu kelompok pertama (A) berjumlah 31 siswa dan kelompok kedua (B) berjumlah 31 siswa.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil angket (kuesioner) dan tes soal yang dilakukan pada sampel peneliti. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan cara menghitung mean rata-rata dengan hasil 7.17. menghitung median dengan hasil 7,50. Menghitung modus dengan hasil 7,50. Mencari standar deviasi sebesar 0,789. Dan menghitung t tes dimana t hitung sebesar 5,339 apabila dikonsultasikan dengan nilai t tabel dengan derajat kebebasan (dk-2) yaitu 62-2 = 60 pada taraf signifikansi 5% ternyata t hitung > (lebih besar) dari t tabel yaitu 5,339 > 2,000. Hal ini menunjukkan hipotesis penelitian diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada Mata Pelajaran IPS.
PE081027 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain