Skripsi
Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 6 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
LENI LINDAYANTI. NPM. 1308500598. 2010. Skripsi. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 6 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Minat Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 6 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 200 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan 20 % dari jumlah populasi dari 200 siswa = 40 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier.
Dari hasil analisis regresi linier bahwa Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah Y= 17,669 +0,581x, Jika x= 1, maka y= 18,25. Setiap kenaikan pola asuh orang tua sebesar 1% akan menaikkan minat belajar 18,25%.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah bahwa telah terbukti benar-benar menunjukkan pengaruh yang positif antara Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah kepada guru hendaknya dapat lebih memperhatikan pola asuh orang tua terhadap anaknya, karena pengaruh orang tua asuh dapat meningkatkan minat belajar siswa dan untuk membuat siswa lebih berminat dalam belajar.
PE081028 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain