Skripsi
Implementasi Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas XI Semester Genap SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
ARIF ANDI SUTANTO, 2010, Skripsi, Implementasi Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Di kelas XI Di SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Metode Quantum Learning, Prestasi belajar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah " Apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI pada pembelajaran IPS dengan mengimplementasikan metode Quantum Learning di SMK PGRI Kota Tegal?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Quantum Learning dalam pembelajaran IPS siswa kelas XI di SMK PGRI Kota Tegal.
Dalam penelitian ini dipilih sampel secara random sampling dan kelas Administrasi Perkantoran 1 sebagai subyek penelitiannya antar sebelum menggunakan metode Quantum Learning dan sesudah menggunakan metode Quantum Learning.
Dari hasil analisis data dengan menggunakan analisis prosentase maka diperoleh hasil 26 siswa yang dalam kriteria baik (63,00-74,99) dari jumlah sampel 35 siswa. Dengan nilai prosentase 74,3% yang selanjutnya di dikonsultasikan pada rentang prosentase (68 - 83,99 %) dalam kriteria baik.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Implementasi Metode Quantum Learning untuk meningkatkan Prestasi Belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPS di kelas XI SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 dalam kriteria baik. Sarannya dalam kegiatan belajar mengajar hendahnya guru perlu mengupayakan tindakan dan penerapan proses belajar mengajar yang dapat membantu meningkatkan prestasi belajar.
PE081030 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain