t-tabel = 2,064 dengan taraf signifikasi 5 %, yang berarti prestasi belajar IPS Ekonomi yang menggunakan alat peraga media grafis lebih baik, dibanding dengan prestasi belajar yang tidak menggunakan alat peraga media grafis. Ini berarti penggunaan alat peraga media grafis lebih efektif dari pada pembelajaran sebelumnya di kelas X semester genap SMK PGRI Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010. hal ini berarti hipotesis penelitian telah terbukti secara empirik melalui pelaksanaan penelitian ini. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa siswa yang diajarkan menggunakan alat peraga media grafis di SMK PGRI Kota Tegal kelas X pada semester genap tahun alajaran 2009/2010 akan memperoleh prestasi yang lebih baik dan lebih efektif dari pada siswa yang diajar tanpa menggunakan alat peraga media grafis. Saran penulis bahwa dalam proses belajar mengajar hendaknya kita mengenalkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga khususnya media grafis untuk menghindari kebosanan yang dialami siswa dalam belajar dan mengetahui keaktifan siswa dalam belajar, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai sesuai dengan apa yang kita inginkan." />
Skripsi
Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Media Grafis dalam meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Ekonomi pada Siswa Kelas X Semester Genap SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
HENDRI SUCIPTO. 2010. : Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Media Grafis dalam meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Ekonomi pada Siswa Kelas X Semester Genap SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Drs. Budiyono. Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektifitas, Alat peraga media grafis, Prestasi belajar IPS Ekonomi
Dalam penulisan skripsi ini penulis dapat mengidentifikasi dan merumuskan masalah : "Apakah prestasi belajar IPS Ekonomi sesudah pembelajaran dengan alat peraga media grafis lebih efektif, dibanding dengan prestasi belajar sebelumnya?". Beranjak dari masalah yang telah dirumuskan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui "Apakah penggunaan alat peraga media grafis dapat meningkatkan prestasi hasil belajar pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas X semester genap SMK PGRI Tegal tahun pelajaran 2009/2010".
Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X yang berjumlah 185 orang, yang terdiri dari lima jurusan yaitu Akuntansi(Ak), Administrasi Perkantoran (Ap), Pemasaran(Pm), dan Multi Media (Mm). Sedangkan sampel diambil dengan cara random sampling (secara acak) yaitu dari masing-masing kelas diambil 13% sehingga diperoleh sampel sejumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis t-test.
Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai t empirik sebesar 2,318 > t-tabel = 2,064 dengan taraf signifikasi 5 %, yang berarti prestasi belajar IPS Ekonomi yang menggunakan alat peraga media grafis lebih baik, dibanding dengan prestasi belajar yang tidak menggunakan alat peraga media grafis. Ini berarti penggunaan alat peraga media grafis lebih efektif dari pada pembelajaran sebelumnya di kelas X semester genap SMK PGRI Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010. hal ini berarti hipotesis penelitian telah terbukti secara empirik melalui pelaksanaan penelitian ini.
Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa siswa yang diajarkan menggunakan alat peraga media grafis di SMK PGRI Kota Tegal kelas X pada semester genap tahun alajaran 2009/2010 akan memperoleh prestasi yang lebih baik dan lebih efektif dari pada siswa yang diajar tanpa menggunakan alat peraga media grafis.
Saran penulis bahwa dalam proses belajar mengajar hendaknya kita mengenalkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga khususnya media grafis untuk menghindari kebosanan yang dialami siswa dalam belajar dan mengetahui keaktifan siswa dalam belajar, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai sesuai dengan apa yang kita inginkan.
PE081032 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain