t-tabel = 2,064 dengan taraf signifikasi 5 %, yang berarti prestasi belajar IPS Ekonomi yang menggunakan alat peraga media grafis lebih baik, dibanding dengan prestasi belajar yang tidak menggunakan alat peraga media grafis. Ini berarti penggunaan alat peraga media grafis lebih efektif dari pada pembelajaran sebelumnya di kelas X semester genap SMK PGRI Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010. hal ini berarti hipotesis penelitian telah terbukti secara empirik melalui pelaksanaan penelitian ini. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa siswa yang diajarkan menggunakan alat peraga media grafis di SMK PGRI Kota Tegal kelas X pada semester genap tahun alajaran 2009/2010 akan memperoleh prestasi yang lebih baik dan lebih efektif dari pada siswa yang diajar tanpa menggunakan alat peraga media grafis. Saran penulis bahwa dalam proses belajar mengajar hendaknya kita mengenalkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga khususnya media grafis untuk menghindari kebosanan yang dialami siswa dalam belajar dan mengetahui keaktifan siswa dalam belajar, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai sesuai dengan apa yang kita inginkan." />