t tabel yaitu 6,886 > 2,000. Bila dhubungkan dengan hipotesis yang mengemukakan bahwa "peserta didik kelas VII SMP Bhakti Praja Suradadi Tahun Pelajaran 2009/2010 yang diajarkan dengan menggunakan media gambar akan memperoleh prestasi belajar IPS yang baik dari pada peserta didik yang diajarkan tidak menggunakan media gambar", maka hal ini terbukti secara empiris kebenarannya" />
Skripsi
Efektifitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VII SMP Bhakti Praja Suradadi Tahun Pelajaran 2009/2010
ENDAH KARTIKA SARI/ NPM.1306500310. Judul: "Efektifitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VII SMP Bhakti Praja Suradadi Tahun Pelajaran 2009/2010". Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UPS Tegal
Kata kunci : Media Gambar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Rumusan masalah penelitian ini 'Apakah siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar akan memperoleh prestasi IPS yang lebih baik daripada peserta didik yang diajar tanpa media gambar, khususnya pada siswa kelas VII SMP Bhakti Praja Suradadi, Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010?". Tujuan penelitian untuk mengetahui Perbedaan antara kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar dengan siswa yang diajarkan tidak menggunakan media gambar.
Penelitian dilakukan di SMP Bhakti Praja Suradadi, adapun pelaksanaan pada bulan April sampai dengan bulan Mei tahun 2010. Jumlah populasi adalah 60 siswa. Jumlah sampel sama dengan populasi yaitu 60 siswa, karena populasinya kurang dari 100.Sampel dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelompok kontrol 30 siswa. Uji coba instrument dilakukan dengan melakukan uji validitas dan reliablitas. Analisis data dilakukan dengan menghitung mean. median, modus, standar deviasi, varian gabungan, dan uji t.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah terjadi perbedaan antara kelompok eksperimen siswa kelas VII A dan kelompok control siswa kelas VII B. Kelompok eksperimen memperoleh rata-rata hitung=7.42, median=7,50 modus =7,50 standar deviasi = 0,742. Kelompok kontrol memperoleh rata-rata hitung (mean) = 6,25; median = 6,50; modus = 6.50; standar deviasi = 0,875.
Hasil t hitung = 6,886 apabila dikonsultasikan dengan nilai t tabel dengan derajat kebebasan (dk-2) yaitu 60-2 = 58 pada taraf signifikansi ? = 0,05% ternyata t hitung > t tabel yaitu 6,886 > 2,000. Bila dhubungkan dengan hipotesis yang mengemukakan bahwa "peserta didik kelas VII SMP Bhakti Praja Suradadi Tahun Pelajaran 2009/2010 yang diajarkan dengan menggunakan media gambar akan memperoleh prestasi belajar IPS yang baik dari pada peserta didik yang diajarkan tidak menggunakan media gambar", maka hal ini terbukti secara empiris kebenarannya
PE081034 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain