Skripsi
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dehumanisasi Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran IPS Semester II Pada Siswa Kelas VIII MTs. Al-Azhar Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indra Nurdiyanto. 2010. "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Dehumanisasi Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran IPS Semester II pada Siswa Kelas VIII MTs. Al-Azhar Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010". Skripsi Pendidikan Ekonomi. Dr. H. Basukiyatno, M.Pd., Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Faktor-Faktor Dehumanisasi, Kegiatan Belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi faktor-faktor yang mempengaruhi dehumanisasi kegiatan belajar mengajajar pada siswa kelas VIII Mts. Al-Azhar Tuwel.
Humanisasi adalah proses menjadikan manusia sebagai manusia sesuai dengan kodratnya sebagai manusia. Sedangkan dehumanisasi mempunyai arti sebaliknya, yakni proses menjadikan manusia tidak sesuai dengan kodratnya sebagai manusia. Tujuan pendidikan pada intinya adalah menciptakan manusia yang ideal dan humanis. Dalam proses kegiatan belajar mengajar adanya dehumanisasi kurang diperhatikan, baik oleh pelaku maupun pembuat kebijakan pendidikan. Faktor-faktor dehumanisasi kegiatan belajar mengajar bukan hanya dari faktor pelaku pendidikan tetapi juga lingkungan yang jelek. Permasalahan yang timbul adalah faktor apa sajakah yang mempengaruhi dehumanisasi kegiatan belajar mengajar.
Untuk menggambarkan kondisi tersebut dengan dasar faktor-faktor yang mempengaruhi belajar oleh Slameto menggunakan angket. Selain angket, untuk menggali faktor-faktor yang mempengaruhi dehumanisasi kegiatan belajar mengajar dilakukan observasi dan dokumentasi, terhadap kondisi di lapangan tentang perilaku siswa dan fasilitas sekolah.
Setelah data diterima, diolah dan dihitung dengan persentase jumlah total skor dibandingkan skor pilihan item. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, dehumanisasi kegiatan belajar mengajar pada Mts. Al-Azhar Tuwel cukup tinggi. Dalam hal ini faktor-faktor dehumanisasi kegiatan belajar mengajar yang berasal dari faktor metode mengajar sebesar 77,9%, faktor kurikulum sebesar 85%, faktor relasi guru dengan siswa sebesar 63,7%, faktor relasi siswa dengan guru sebesar 67,5, faktor disiplin sekolah sebesar 75,4%, faktor tugas rumah sebesar 65,4%, faktor waktu sekolah 63,7%, faktor alat pelajaran sebesar 70,8%, faktor standar pelajaran diatas ukuran sebesar 81% dan faktor keadaan gedung 80%. Faktor yang paling dominan yang mempengaruhi dehumanisasi kegiatan belajar mengajar adalah faktor kurikulum dengan persentase 85%. Maka dari itu guru perlu untuk lebih mengembangkan dirinya agar proses belajar mengajar humanis sesuai dengan tujuan pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut sekolah hendaknya meningkatkan sarana dan prasarana sehingga proses pembelajaran berjalan kondusif, dengan ruang yang representatif dan fasilitas yang lengkap.
PE081035 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain