Skripsi
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika melalui metode Group Investigation dengan Media Alat Peraga (Suatu Penelitian Tindakan Kelas di SMKN 1 Bulakamba Brebes Kelas XI ATPH pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2010/2011)
Indonesia :
HUDIDOYO ALIF MARKONO, 2011. "Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika melalui metode Group Investigation dengan Media Alat Peraga (Suatu Penelitian Tindakan Kelas di SMKN 1 Bulakamba Brebes Kelas XI ATPH pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2010/2011)". Skripsi. Pendidikan Matematika. Hj. Isnani,M.Si, Drs. Ponoharjo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Group Investigation, Alat Peraga, Matematika, Bangun Ruang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI ATPH SMKN1 Bulakamba Brebes, dalam pokok bahasan Bangun Ruang melalui metode Group Investigation dengan media alat peraga.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN1 Bulakamba Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 32 orang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan dan seorang pengamat dan 4 orang teman sejawat. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam dua siklus. Langkah-langkah dalam setiap pelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai tes formatif I, II dan hasil observasi. Sebagai tolok ukur keberhasilannya adalah apabila prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Bangun Ruang meningkat yaitu dari nilai rata¬rata yang dicapai 60 dari 85% siswa tuntas belajar.
Hasil observasi selama siklus I dan II menunjukkan adanya keterlibatan siswa dalam proses investigasi kelompok dan aktifitas siswa mengikuti pelajaran semakin antusias meningkat, demikian pula aktifitas guru. Prestasi belajar jika disbandingkan siklus I dan II mengalami peningkatan yang berarti dengan melalui metode Group Investigation dengan media alat peraga, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI ATPH SMKN1 Bulakamba Brebes.
Dalam pembelajaran dengan metode Group Investigation dengan media alat peraga ditemukan kelemahan, yaitu siswa yang termasuk pintar cenderung merasa bosan, ia merasa pembelajaran menjadi terasa lebih lama, maka disarankan agar guru dapat memberikan saran yang lebih intensif kepada siswa yang pintar terutama dalam berpartisipasi pada kegiatan kelompok, misalnya dengan menjadikan siswa yang pintar sebagai ketua kelompok.
922011KI1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain