Skripsi
Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Bimbingan Belajar di Kelas VIII MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010
ALFIYAH. 2010. Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Bimbingan Belajar di Kelas VIII MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dra. Hj Faridah, M.Si. Pembimbing II Dewi Amaliah Nafiyati, S.Pd.
Kata Kunci : Minat Belajar Siswa
Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah : 1) Apa penyabab dari kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes ? 2) Pendekatan - pendekatan apa yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes pada mata pelajaran IPS ? 3) Bagaimana upaya peningkatan minat belajar siswa kelas VIII MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes pada mata pelajaran IPS ?
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) Mengetahui penyabab dari kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes. 2) Mengetahui pendekatan - pendekatan apa yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes pada mata pelajaran IPS. 3) Menganalisis minat belajar siswa kelas VIII MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes pada mata pelajaran IPS.
Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes tahun pelajaran 2009 / 2010 yang keseluruhan berjumlah 125 siswa, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi dan wawancara. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis kualitatif.
Dari hasil tindakan melalui bimbingan belajar yang dilakukan dengan tiga siklus, pada siklus I ada 4 siswa (36,36%) mengalami peningkatan minat belajar. Sedangkan 7 siswa lainnya setelah diadakan bimbingan belajar pada siklus II ada 4 siswa (72,73%) mengalami peningkatan minat belajar. Berlanjut pada siklus III, 3 dari siswa yang masih mengalami kesulitan belajar dapat teratasi. Teratasinya minat belajar siswa diharapkan dapat meningkatkan pula prestasi belajarnya.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai upaya peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes tahun Pelajaran 2009 / 2010 maka dapat disimpulkan : 1) Kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS disebabkan karena siswa menganggap bahwa mata pelajaran IPS merupakan pelajaran hafalan. 2) Pendekatan yang dilakukan untuk meningkatkan minat belajar IPS melalui bimbingan belajar yaitu dengan : menciptakan suasana belajar yang kondusif., dalam penyampaian materi guru hendaknya hindari banyak mencatat (harus membuat rangkuman terlebih dahulu). 3) upaya untuk membangkitkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS adalah dengan : memberikan nilai pada setiap hasil pekerjaan siswa, memberikan bimbingan dan motivasi belajar.
PE081037 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain