Skripsi
An Analysis of Fallacies in Writing Expression Sentence of Sympathy and Invitation Expression." (Case Study of 10th Grade Students of SMA Bhakti Praja Adiwerna in Academic Year 2009/2010)
Indonesia :
Nurul Azmi, 1606501505. Analisis kekeliruan dalam menulis kalimat ekspresi simpati dan kalimat ekpresi ajakan. Penelitian pada kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna pada Tahun Ajaran 2009/2010. Tesis, Program Sarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing (1) Drs. Masfuad ES. M.Pd, (2) Nur Anthony ET, S.S, M.Hum.
Kata Kunci : Kekeliruan Siswa, Kalimat Ekspresi.
Tujuan utama skripsi ini untuk menganalisis kekeliruan dalam menulis kalimat ekpresi simpati dan kalimat ekpresi ajakan. Penelitian pada kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna pada tahun ajaran 2009/2010.
Populasi pada penelitian ini semua siswa kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna, terdiri dari 121 siswa. Penulis mengambil 80 siswa sebagai sample, kelas pertama yaitu 40 siswa sebagai kelas uji coba dan kelas kedua yaitu 40 siswa sebagai objek penelitian.
Dalam pengumpulan data, instrumen yang digunakan adalah ujian tertulis terdiri dari pilihan ganda bahasa inggris dijawab oleh siswa. Penulis menganalisis hasil dari studi dengan persentasi analisis sample. Fungsi dari analisis ini untuk menggambarkan hasil dari studi dalam persentasi sejelas mungkin bagi para pembaca.
Hasi dari analisis ini menyatakan bahwa ada 690 kekeliruan yang dapat diklasifikasikan menjadi group sebagai berikut: 1) ekspresi simpati (345 kekeliruan) dengan persentasi 50% dan ekspresi ajakan (345 kekeliruan) dengan persentasi 50%.
Untuk meminimaliskan kekeliruan dalam mengajar dan memepelajari penulisan bahasa inggris, khususnya dalam menulis kalimat ekspresi, penulis memeberikan saran kepada guru dan siswa SMA Bhakti Praja Adiwerna sebagai berikut: 1) Guru harus menggunakan pendekatan yang menarik dan metode mengajar yang diusahakan sesuai dengan kondisi siswa supaya mereka suka dan menikmati dalam belajar bahasa Inggris. Guru harus membangkitkan motivasi siswa dalam belajar, khususnya dalam mempelajari bahasa Inggris. 3) Guru dapat memberikan arahan kepada siswa tentang pentingnya belajar bahasa Inggris, dan juga guru harus bersabar ketika mereka mengajarkan bahasa Inggris. Dalam mengajar kalimat ekspresi, guru harus selalu mengingatkan pola-pola pengajaran kepada siswa dengan memeberikan latihan supaya siswa tidak lupa tentang pola bahasa Inggris. Karena para siswa mudah lupa tentang materi ajar. 5) Untuk para siswa harus mampu memaksimalkan fungsi perpustakaan. Guru sebagai fasilitator, mereka dapat mengajak siswa untuk berhasrat membaca buku bahasa Inggris di perpustakaan karena dengan membaca banyak buku dapat membantu mereka untuk berbahasa inggris lebih baik lagi. Mereka akan menjadi terbiasa dengan bahasa inggris. Para siswa membutuhkan banyak pencerahan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka.
Inggris :
Nurul Azmi, 1606501505. An Analysis of Fallacies in Writing Expression Sentence of Sympathy and Invitation Expression Case Study of 10th Grade Students SMA Bhakti Praja Adiwerna in The Academic Year 209/2010. A Thesis English Education Department, Teacher Training and Education Science Faculty, Pancasakty University Tegal. The Advisors are (1) Drs. Masfuad ES. M.Pd (2) Nur Anthony ET, S.S, M.Hum.
Key words : Students Fallacies, Expression Sentence.
The Objective of the thesis is to analyze the fallacy in writing sentence of sympathy and invitation Expression Case Study of 10th grade students SMA Bhakti Praja Adiwerna in The Academic Year 209/2010.
The population of the research is all of the 10th grade students of SMA Bhakti Praja Adiwerna, consisting 121 students. The writer took 80 students as a sample. The first class is 40 student's as try out class and the second class is 40 student's as the research object.
In collecting data, the instrument used is a test consisting of English multiple choice answered by students. The writer analyzed the result of the study with a sample percentages analysis. The function of this analysis is to describe the result of the study in a percentage as clearly as possible to the readers.
The result of the analysis reveals that there are 690 fallacies that can be classified into the groups as follows: 1) Sympathy Expression (345 fallacies) with the percentage 50 % and Invitation Expression (345 fallacies) with percentage 50 %.
To minimize the fallacies in teaching and learning English writing, especially in writing expression sentence, the writer give suggestion to the teachers and students of English in SMA Bhakti Praja Adiwerna as follows: 1) The teacher has to use interesting approach and method of teaching deal with their condition of the students in order to they like and enjoy in learning English, especially in learning expression sentence. 2) The teacher has to raise the motivation of students in learning; especially in learning English. 3) The teacher can give direction to the students about the important thing in learning English, and also the teacher has to be patient when they teach English. 4) In teaching expression sentence, the teacher always reminds the pattern to students with giving exercise in order to the students not to forget about it, because they very easy forget in material. 5) For the students have to able maximize the function of library. The teacher act as a facilitator. He can persuade the students to be willing to read English book in the library because reading books a lot can help them to use English better. They will be familiar with the English language. The students need more exposures to develop their ability in English.
PBI081090 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain