Skripsi
Hubungan Antara Kemampuan Memahami Dengan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
SUGENG SISWANTO. NPM. 1307500446. 2010. Skripsi. Hubungan Antara Kemampuan Memahami Dengan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Kemampuan siswa, minat belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui Hubungan Antara Kemampuan Memahami Dengan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri I Warureja Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 345 siswa. sampel dalam penelitian ini ditetapkan 12 % dari jumlah populasi dari 345 siswa = 41,4 siswa dibulatkan dalam persepuluhan terdekat menjadi 40 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak atau random.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisis data, ditemukan adanya korelasi yang positif dan signifikan hubungan kemampuan siswa memahami pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan minat belajar siswa yang dibuktikan dalam perhitungan reliabilitas yaitu (r hitung 0,770 > r table 0,403) Hal ini menunjukkan bahwa ternyata nilai r hitung lebih besar r tabel pada taraf signifikan 1% yang berarti dapat dikatakan bahwa Hipotesis nihil (Ho) ditolak, yang mengemukakan "Tidak ada hubungan kemampuan memahami dengan minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan hipotesis kerja (Ha) diterima, yang mengemukakan "Ada hubungan kemampuan memahami dengan minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)".
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah bahwa telah terbukti benar-benar menunjukkan ada adanya korelasi yang positif dan signifikan hubungan kemampuan memahami dengan minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah Kepada guru hendaknya dapat menggunakan model pembelajaran yang lebih banyak melibatkan anak didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga dapat menumbuhkan minat belajar siswa.
PE081038 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain