2,06 ) maka HO di tolak. Jadi berdasarkan perhitungan uji-t bahwa model pembelajaran berbasis portofolio lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional pokok bahasan koperasi pada siswa SD Negeri Kraton 01 Kota tegal tahun Pelajaran 2009/2010. Dalam usaha untuk meningkatkan prestasi belajar IPS Terpadu diharapkan para pendidik dapat menerapkan model pembelajaran berbasis portofolio, agar bisa mencapai prestasi yang lebih baik tetapi jangan menghilangkan model pembelajaran yang diterapkan sebelumnya" />
Skripsi
Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Kraton 01 Kota Tegal Tahun Pembelajaran 2009 / 2010
Yanuar Dwi Mulyana, 2010 " Eektivitas Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kraton 01 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010 ". Dr. Yayat Hidayat Amir, M.Pd. Dra. Daliyati, SE, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Portofolio
Dalam pembelajaran ada satu hal yang menjadi suatu tuntutan dalam proses belajar mengajar IPS yaitu pengajar mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan menyelesaikan permasalahan pembelajaran dengan baik. Untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, memerlukan model pembelajaran yang efektif agar dapat menghasilkan prestasi belajar IPS Terpadu yang lebih baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis portofolio terhadap prestasi belajar IPS Terpadu pada pokok bahasan koperasi pada siswa kelas IV SD Negeri Kraton 01 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis portofolio dan variable terikatnya adalah prestasi belajar IPS Terpadu. Data meliputi nilai raport semester 1 dan nilai tes prestasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Analisis tes prestasi menggunakan uji - t.
Berdasarkan perhitungan uji - t dengan dk=34, dan taraf signifikan 5%, maka didapat t-hitung 6,90 dan t-tabel 2,06, sehingga t-hitung lebih besar daripada t-tabel ( 6,90 > 2,06 ) maka HO di tolak. Jadi berdasarkan perhitungan uji-t bahwa model pembelajaran berbasis portofolio lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional pokok bahasan koperasi pada siswa SD Negeri Kraton 01 Kota tegal tahun Pelajaran 2009/2010.
Dalam usaha untuk meningkatkan prestasi belajar IPS Terpadu diharapkan para pendidik dapat menerapkan model pembelajaran berbasis portofolio, agar bisa mencapai prestasi yang lebih baik tetapi jangan menghilangkan model pembelajaran yang diterapkan sebelumnya
PE081039 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain