Skripsi
Efektivitas Penggunaan Teknologi Internet Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK PGRI Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010
BADRUN. NPM. 1307500462. 2010. Skripsi. Efektivitas Penggunaan Teknologi Internet Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK PGRI Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Teknologi internet, pembelajaran akuntansi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan teknologi internet dengan prestasi belajar akuntansi siswa XI Akuntansi SMK PGRI Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 6 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 176 siswa. Besarnya ukuran sampel adalah 70 orang yang dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok siswa yang belajar akuntansi menggunakan internet sejumlah 40 orang dan kelompok siswa yang belajar akuntansi dengan metode konvensional sejumlah 30 orang.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan z-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar Akuntansi SMA PGRI Taman Kabupaten Pemalang dari siswa yang menggunakan internet lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan internet. Hal ini dibuktikan hasil perhitungan nilai Ztest 14,763 lebih besar dari t tabel sebesar 1,96 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah bahwa prestasi belajar akuntansi siswa XI Akuntansi SMK PGRI Taman Kabupaten Pemalang efektif. Hasil tersebut dilihat dari Kelompok siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI Taman kabupaten Pemalang yang menggunakan internet sebagai media pembelajaran akuntansi memperoleh prestasi belajar akuntansi lebih tinggi dibanding dengan kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah Kepada guru hendaknya dapat lebih memperhatikan media pembelajaran dalam pelajaran Akuntansi yaitu menggunakan teknologi internet. Karena dengan teknologi internet prestasi belajar siswa akan meningkat.
PE081041 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain