Skripsi
Analisa Sifat Fisis Dan Mekanis Pada Poros Roda Depan Orisinil Dan Imitasi Sepeda Motor Yamaha V-ixion
Lukman Prihatmoko, 2010, "Analisa Sifat Fisis dan Mekanis Pada Poros Roda Depan Orisinil dan Imitasi Pada Sepeda Motor Yamaha V-ixion" Program Studi. Teknik Mesin .S1 .Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal
Banyaknya suku cadang yang bermacam -macam produk dari sepeda motor dan bermacam-macam mutu kualitas mendorong penulis untuk mengadakan penelitian dengan tujuan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada poros roda pada produk sepeda motor Yamaha V-ixion. Penelitian sifat fisis dan mekanis pada poros sepeda motor dilakukan dengan uji impact, uji kekerasan, uji struktur mikro, dan uji komposisi logam.
Pengujian Impact menggunakan mesin Charpy, pengujian kekerasan menggunakan Brinell Hardness Tester, Pengujian Struktur Mikro menggunakan Olympus Metallurgical Microscope, dan pengujian komposisi kimia menggunakan ARL OPTIC Emision Spectrometer.
Pada pengujian Impact poros roda orisinil mempunyai Tenaga patah rata rata 174,56 joule, dan mempunyai nilai impact rat rata 1,98 J/mm² . poros imitasi mempunyai tenaga patah rata rata 106 Joule dan mempunyai nilai impact rata rata 1,13 J/mm². Pada pengujian kekerasan poros roda orisinil mendapatkan nilai kekerasan rata rata 164,9 Kg/mm² dan poros roda imitasi mendapatkan nilai kekerasan rata rata 273,02 Kg/mm². Pada pengujian Struktur mikro pada poros orisinil dan imitasi sama sama terlihat perlit dan ferit. dan pada pengujian komposisi kimia pada poros orisinil mempunyai kadar karbon rata rata 0,3795 % sedangkan pada poros imitasi sebesar 0,4892 % .dengan hasil ini membuktikan bahwa poros orisinil jauh lebih ulet namun kurang tahan terhadap keausan, sedangkan pada poros imitasi kurang ulet akan tetapi lebih tahan terhadap keausan.
Kata Kunci : Sifat fisis dan mekanis , Poros Roda Yamaha V-ixion
TEK091015 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain