Skripsi
EFEKTIVITAS KINERJA GURU KELAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI DI SD NEGERI CAWITALI 02 KEC. BUMIJAWA KAB. TEGAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010
RENY JUMIATI NINGRUM. 2010. Efektivitas Kinerja Guru Kelas Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI Di SDN Cawitali 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Dra. Hj. Faridah, MSi. Dewi Amalia nafiati, S.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Efektivitas Guru, minat belajar siswa
Manusia sejak lahir sudah dianugrahi fitrah berupa naluri untuk belajar, tapi untuk mengembangkan sifat ini, manusia memerlukan bimbingan. Namun, minat belajar tidak tumbuh secara alamiah saja, tetapi harus ditumbuhkan oleh pembimbing. Keberhasilan seorang bimbingan bergantung pada bagaimana ia meningkatkan minat belajar siswa. Salah satunya melalui peningkatan efektivitas kinerja guru.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan efektivitas kinerja guru dapat meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian korelasional antara dua variabel, yaitu kinerja guru kelas (variabel X) dan minat belajar (variabel Y). Penelitian dilakukan terhadap keseluruhan siswa kelas VI SDN Cawitali 02 sebanyak 23 siswa dan 1 orang Guru kelas. Selanjutnya guru membuat sejumlah peningkatan kinerja, seperti penambahan perhatian, waktu interaksi, aktifitas luar kelas, berupa kunjungan ke tempat kegiatan perekonomian, dan meningkatkan komunikasi dengan siswa. Kondisi awal (O1), minat belajar siswa hanya 67% , dan akhirnya naik melebihi angka 70%
Sesudah guru meningkatkan kinerjanya secara efektif, terdapat peningkatan minat belajar sebagaimana ditunjukkan tabel dan lembar pengamatan sebelum dan sesudah peningkatan kinerja. Pengaruh kinerja guru dengan minat belajar siswa kelas VI SD Cawitali 02 menunjukkan pengaruh positif. Dan pengaruh peningkatan kinerja terhadap minat belajat siswa hingga 0,4 dari skala 1. Pengaruh ditunjukkan dengan kenaikan aspek kognitif siswa dan aspek afektif siswa. Aspek kognitif meningkat sebesar yakni sebesar 9,29 %. Aspek afektif mengalami peningkatan sebesar sebesar 20,8%.
PE081045 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain