Skripsi
PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KARTU PRABAYAR XL DI KOTA TEGAL TAHUN 2010
KIKI ROFIQI, Pengaruh Harga dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar XL Di Kota Tegal Tahun 2010, Fakultas Teknik Program Study Teknik Industri Universitas Pancasakti Tegal.
Perkembangan dan peningkatan jasa telekomunikasi dari tahun ke tahun semakin menjadi perhatian masyarakat, hal ini dapat dilihat dari ketatnya persaingan harga dan kualitas pelayanan diantara sekian banyak perusahaan telekomunikasi. Dalam kondisi persaingan yang ketat tersebut, hal utama yang harus diprioritaskan oleh perusahaan telekomunikasi adalah kepuasan pelanggan agar dapat bertahan, bersaing, dan menguasai pangsa pasar. Untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Harga dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar XL Di Kota Tegal Tahun 2010.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar XL di Kota Tegal Tahun 2010, 2) Untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar XL di Kota Tegal Tahun 2010, 3) Untuk mengetahui pengaruh harga dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar XL di Kota Tegal Tahun 2010.
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi, interview, dan questioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial, analisis korelasi berganda, dan untuk pengujian hipotesis digunakan uji t dan uji F dengan level of significance 0,05.
Hasil penelitian dapat kami simpulkan sebagai berikut : 1) Untuk analisis korelasi parsial r1.2 = 0,45 terdapat pengaruh yang substansial dan positif antara harga dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil uji hipotesis t diperoleh nilai t1 = 3,272 > 1,960 dan uji hipotesis t2 = 4,375 > 1,960 berarti kedua variabel adalah tinggi dan signifikan karena t hitung > t tabel, 2) Analisa korelasi parsial berganda ry1.2 = 0,64 dengan hasil uji hipotesis F, F hitung = 56,887 > 2,6994, yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara prabayar XL sehingga Ho ditolak dan Hi diterima karena F hitung > F tabel. Dengan demikian hasil penelitian yang diperoleh adalah ada pengaruh yang signifikan antara variabel harga (X1) dan variabel pelayanan (X2) terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y).
Kata kunci : variabel, parsial.
TEK091022 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain