Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Kumon Terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Ketanggungan Tahun Pelajaran 2009/2010 untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar)
ZAKI RAKHMATULLOH. 2010. Keefektifan Model Pembelajaran Kumon Terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Ketanggungan Tahun Pelajaran 2009/2010 untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar). Skripsi. Pendidikan Matematika. Isnani, M.Si. Dr. KRT. Purwo Susongko, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Keefektifan, Kumon, Hasil Belajar, Bangun ruang sisi datar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan perbandingan hasil belajar matematika antara kelas yang menggunakan pembelajaran Kumon dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan nilai hasil akademik siswa untuk mengontrol hasil belajar matematika pada kelas VIII semester II SMP Negeri I Ketanggungan.
Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri I Ketanggungan tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah 274 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 2 kelas dengan jumlah 38 siswa untuk masing-masing kelas. Kelas yang diambil adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen (dengan pembelajaran Kumon) dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol (dengan konvensional). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes evaluasi belajar. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrument diteskan kepada 38 siswa yang mempunyai kemampuan setara dengan sampel penelitian ini. Dalam penelitian ini, model pembelajaran kumon dan konvensional sebagai peubah bebas dan hasil belajar matematika siswa sebagai peubah terikat yang di kontrol oleh nilai hasil akademik. Analisa data untuk penelitian ini menggunakan uji anacova dengan rancangan acak lengkap.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% terdapat perbedaan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Kumon dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII semester II SMP N I Ketanggungan tahun pelajaran 2009 / 2010. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa pada taraf signifikansi 5% hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Kumon lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas VIII semester II SMP N I Ketanggungan tahun pelajaran 2009 / 2010.
PMTK081008 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain