ttabel = 2,353) dengan tingkat kepercayaan 95% (? = 5%). Hal ini menunjukkan hubungan tersebut signifikan. Dan hasil dari analisis regresi linier antara biaya diferensiasi produk terhadap volume penjualan diperoleh persamaan Y= 79,88 + 0,40 X dan hasil uji hipotesis dengan tingkat kepercayaan 95% (? = 5%) diperoleh t hitung lebih besar daripada t tabel ( thitung = 6,67 > ttabel = 2,353). Berdasarkan analisis data diatas maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa adanya hubungan yang signifikan,antara biaya diferensiasi produk terhadap volume penjualan. Berarti bahwa aplikasi strategi diferensiasi produk tepat untuk digunakan dan dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan, dengan demikian maka volume penjualan akan semakin meningkat. Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan-kebijakan dalam rangka meningkatkan volume penjualan pada Sentra Batik Tulis Kelurahan Kraton Kota Tegal. Kata kunci : Diferensiasi Produk, Volume Penjualan." />
Skripsi
Pengaruh Biaya Diferensiasi Produk terhadap Volume Penjualan pada Sentra Batik Tulis Kelurahan Kraton Kota Tegal
Nila Febriliani Putri, NPM : 4106502515 . " Pengaruh Biaya Diferensiasi Produk terhadap Volume Penjualan pada Sentra Batik Tulis Kelurahan Kraton Kota Tegal ". SKRIPSI 2010 . Pembimbing I : Jaka Waskito, S.E., M.Si. dan pembimbing II : Sumarno, S.E., M.Si.
Di Era Teknologi Informasi seperti saat ini, aspek pemasaran sangat berperan penting bagi kesuksesan dunia usaha, khususnya bagi para pemasar yang sedang menghadapi pasar yang terus berubah secara simultan sehingga menjadi lebih komplek, terspesialisasi, global, dan berbasis internet. Untuk sukses dalam kondisi lingkungan yang terus berubah dan dimeriahkan dengan berbagai macam persaingan dalam dunia bisnis, maka perusahaan harus memiliki strategi untuk mencapai tujuan baik di pasar maupun di dalam industrinya saat beroperasi. Strategi yang tepat digunakan dalam situasi seperti ini adalah dengan menerapkan diferensiasi produk.
Sentra Batik Tulis Kelurahan Kraton Kota Tegal merupakan salah satu dari beberapa Sentra Batik Tulis yang ada di Kota Tegal. Dengan upaya mempertahankan dan melestarikan usaha batik tulis canting, Sentra ini menerapkan diferensiasi produk dari segi content dan context untuk menciptakan value terbaik di mata para konsumennya. Diferensiasi tampak untuk membuat produk lebih menarik dengan kontras yang unik dengan kualitas produk yang bersaing. Diferensiasi produk yang berhasil menciptakan keunggulan kompetitif bagi penjual, sebagai pelanggan melihat produk ini sebagai unik atau superior. Tujuan dari diferensiasi adalah mengembangkan posisi yang pelanggan potensial lihat sebagai suatu keunikan.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya diferensiasi produk terhadap volume penjualan pada Sentra Batik Tulis Kelurahan Kraton Kota Tegal.
Berdasarkan landasan teori, hipotesis dalam penelitian ini, diduga biaya diferensiasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan pada Sentra Batik Tulis Kelurahan Kraton Kota Tegal .
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data library research dan field research. Sumber data yang digunakan adalah primary data dan secondary data. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara biaya diferensiasi produk dengan volume penjualan, dan analisis regresi linier untuk menjelaskan pengaruh antara biaya diferensiasi produk dan volume penjualan, dan analisis koefisisen determinasi untuk mengetahui prosentase besarnya pengaruh biaya diferensiasi produk terhadap variasi (naik/turunnya) volume penjualan.
Setelah data diolah dengan analisis yang digunakan, akhirnya diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : Hasil analisis korelasi product moment antara biaya diferensiasi produk terhadap volume penjualan diperoleh nilai r = 0,96 dengan koefisien determinasi 96% dan sisanya 4% berasal dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini,dan berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t hitung lebih besar daripada t table ( thitung = 21,21 > ttabel = 2,353) dengan tingkat kepercayaan 95% (? = 5%). Hal ini menunjukkan hubungan tersebut signifikan.
Dan hasil dari analisis regresi linier antara biaya diferensiasi produk terhadap volume penjualan diperoleh persamaan Y= 79,88 + 0,40 X dan hasil uji hipotesis dengan tingkat kepercayaan 95% (? = 5%) diperoleh t hitung lebih besar daripada t tabel ( thitung = 6,67 > ttabel = 2,353).
Berdasarkan analisis data diatas maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa adanya hubungan yang signifikan,antara biaya diferensiasi produk terhadap volume penjualan. Berarti bahwa aplikasi strategi diferensiasi produk tepat untuk digunakan dan dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan, dengan demikian maka volume penjualan akan semakin meningkat.
Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan-kebijakan dalam rangka meningkatkan volume penjualan pada Sentra Batik Tulis Kelurahan Kraton Kota Tegal.
Kata kunci : Diferensiasi Produk, Volume Penjualan.
MP091037 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain