ttabel =2,201, sehingga dengan demikian hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi bahwa Tidak Ada Pengaruh Upaya Peningkatan Disiplin Belajar Melalui Konseling Individu Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes, ditolak dan menerima hipotesis kerja yang berbunyi Ada Pengaruh Upaya Peningkatan Disiplin Belajar Melalui Konseling Individu Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes. Skor yang dicapai sebelum konseling individu diperoleh rata - rata 150,4 dan setelah konseling individu diperoleh rata - rata 165,2, hal ini dapat berarti bahwa upaya untuk meningkatkan disiplin belajar dapat dilakukan melalui konseling individu. Saran yang dapat direkomendasikan adalah memanfaatkan layanan konseling individu untuk meningkatkan disiplin belajar siswa, supaya siswa mampu menumbuhkan kedisiplinan untuk memudahkan dalam mencapai cita - citanya, guru pembimbing selalu siap menerima siswa untuk memberikan layanan konseling individu, mengaktifkan peranan guru pembimbing untuk memberi layanan konseling individu kepada siswa dalam meningkatkan disiplin belajar" />
Skripsi
Upaya Peningkatan Disiplin Belajar Melalui Konseling Individu Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010
ARIORAMAKHI, HASAN AS, 2010. NPM : 1106500253. Judul skripsi "Upaya Peningkatan Disiplin Belajar Melalui Konseling Individu Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010". Pembimbing I : Dra. Sri Sumarsih, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Sukoco. KW.
Kata Kunci : Disiplin Belajar, Konsling Individu.
Upaya mendisiplinkan siswa tidaklah mudah sebab, membutuhkan pemahaman dan dalam pelaksanaannya perlu ada kesadaran dengan pemberian layanan konseling individu yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling sebagai upaya untuk meningkatkan disiplin belajar dari perilaku siswa yang semula tidak disiplin menjadi disiplin dalam belajar. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh dalam upaya peningkatan disiplin belajar melalui konseling individu pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes. Tujuan Penelitian adalah untuk megetahui pengaruh dalam upaya peningkatan disiplin belajar melalui konseling individu pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini dapat ditentukan, yaitu seluruh siswa yang mengalami masalah dalam belajar dan berdasarkan data dari guru BK disekolahan tersebut ada 110 siswa dan sampel yang diambil yaitu 10% dari 110 adalah 11 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas peningkatan disiplin belajar dan variabel terikat konseling individu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik dengan rumus analisis data t-test.
Dari hasil analisis data, ditemukan thitung diperoleh = 2,215 , ttebel dengan taraf signifikan 5% diperoleh 2,201, maka thitung = 2,215 > ttabel =2,201, sehingga dengan demikian hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi bahwa Tidak Ada Pengaruh Upaya Peningkatan Disiplin Belajar Melalui Konseling Individu Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes, ditolak dan menerima hipotesis kerja yang berbunyi Ada Pengaruh Upaya Peningkatan Disiplin Belajar Melalui Konseling Individu Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes. Skor yang dicapai sebelum konseling individu diperoleh rata - rata 150,4 dan setelah konseling individu diperoleh rata - rata 165,2, hal ini dapat berarti bahwa upaya untuk meningkatkan disiplin belajar dapat dilakukan melalui konseling individu.
Saran yang dapat direkomendasikan adalah memanfaatkan layanan konseling individu untuk meningkatkan disiplin belajar siswa, supaya siswa mampu menumbuhkan kedisiplinan untuk memudahkan dalam mencapai cita - citanya, guru pembimbing selalu siap menerima siswa untuk memberikan layanan konseling individu, mengaktifkan peranan guru pembimbing untuk memberi layanan konseling individu kepada siswa dalam meningkatkan disiplin belajar
BK081026 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain