ttabel =2,201, sehingga dengan demikian hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi bahwa Tidak Ada Pengaruh Upaya Peningkatan Disiplin Belajar Melalui Konseling Individu Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes, ditolak dan menerima hipotesis kerja yang berbunyi Ada Pengaruh Upaya Peningkatan Disiplin Belajar Melalui Konseling Individu Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes. Skor yang dicapai sebelum konseling individu diperoleh rata - rata 150,4 dan setelah konseling individu diperoleh rata - rata 165,2, hal ini dapat berarti bahwa upaya untuk meningkatkan disiplin belajar dapat dilakukan melalui konseling individu. Saran yang dapat direkomendasikan adalah memanfaatkan layanan konseling individu untuk meningkatkan disiplin belajar siswa, supaya siswa mampu menumbuhkan kedisiplinan untuk memudahkan dalam mencapai cita - citanya, guru pembimbing selalu siap menerima siswa untuk memberikan layanan konseling individu, mengaktifkan peranan guru pembimbing untuk memberi layanan konseling individu kepada siswa dalam meningkatkan disiplin belajar" />