Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan Media Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Warureja Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan Pokok Bahasa
HERU SETYANINGRUM. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan Media Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Warureja Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan Pokok Bahasan Pythagoras). Skripsi. Pendidikan Matematika. Isnani, M.Si. Drs. Ponoharjo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: PTK, CTL, alat peraga, matematika.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan media alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja Tegal pada pokok bahasan Pythagoras?.
Penelitian ini diadakan di SMP Negeri 1 Warureja, yang beralamat di jalan Raya Babadan Demangharjo Kabupaten Tegal, dengan subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Warureja Tegal kelas VIII B tahun pelajaran 2009/2010, dengan jumlah siswa sebanyak 36 anak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini diadakan melalui tiga siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari pengamatan, tindakan, observasi dan refleksi, indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah siswa dikatakan tuntas belajar apabila nilai memenuhi KKM yaitu 65 dengan prosentase klasikal 80%.
Hasil penelitian dari Siklus I, Siklus II dan Siklus III rata-rata hasil belajar siswa telah meningkat berturut-turut: 64,89 menjadi 70,39 akhirnya 72,06. Prosentase siswa yang telah tuntas belajar juga meningkat, secara berturut-turut yaitu: 53%, menjadi 69%, akhirnya 81%.
PMTK081001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain