Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN MULTI MEDIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Tentang Materi Pokok Luas Daerah Segi Empat Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII Semester II MTs Al Munawaroh Pemalang
SITI KHAERUNISA. SKRIPSI, 2010. Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Dengan Multi Media Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Tentang Materi Pokok Luas Daerah Segi Empat Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII Semester II MTs Al Munawaroh Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010). Pendidikan Matematika. Dra. Eleonora DW, M.Pd. M Shaefur Rohman, M.Si. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal, 2010.
Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Think-Pair-Share dengan Multimedia, Prestasi Belajar matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : ada tidaknya perbedaan tingkat prestasi belajar matematika pada pokok bahasan Luas daerah segiempat siswa kelas VII Semester II MTs Al Munawaroh Pemalang Tahun Ajaran 2009/2010, antara kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran THINK-PAIR-SHARE dengan multimedia dan konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester II MTs Al Munawaroh Pemalang Tahun Ajaran 2009/2010 sebanyak 113 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen , kelas VIIB sebagai kelompok konvensional dan kelas VIIC sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dalam bentuk essay sebanyak 8 butir soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya Beda dan Tingkat Kesukaran soal. Teknik Analisis data menggunakan uji varians. Dengan terlebih dahulu data diuji menggunakan uji Chi Kuadrat untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang dilakukan sample peneliti . Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji t-tes. Berdasarkan dari analisis thitung 4,81 dimana ttabel 1,992 dengan derajat kebebasan 76. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (4,81 > 1,992). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
Dengan demikian penggunaan model pembelajaran THINK-PAIR-SHARE dengan multimedia lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan Luas Daerah Segiempat siswa kelas VII Semester II MTs Al Munawaroh Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010.
PMTK081002 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain