Skripsi
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Komputer Multimedia Terhadap Kemampuan Pemecahan Materi Pokok Segitiga Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 5 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010
BAETI, NUR. 2010. "Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Komputer Multimedia terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pokok Segitiga pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 5 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010". Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Prof. Dr. Tri Jaka Kartana, M.Si. Dra. Eleonora DW, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Unversitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Komputer Multimedia, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisison) dengan komputer multimedia lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisison) dengan komputer multimedia terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMP Negeri 5 Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 351 siswa, terbagi dalam 9 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelasVII.A dengan 38 responden sebagai kelas ekperimen dan kelas VII.D sebanyak 37 responden sebagai kelas kontrol. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data nama siswa dan nilai pada kelas VII. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisison) dengan komputer multimedia lebih baik dibandingkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran konvesional dan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisison) dengan komputer multimedia berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
PMTK081003 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain