Skripsi
Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Prestasi Belajar Matematika " (Studi Penelitian Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Pada Siswa
HERMAWAN, HERI. 2010. NPM : 1706500903. Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa (Penelitian Pada Siswa Keas VIII Semester Genap Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok SMP PGRI 1 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010).
Kata Kunci: Prestasi Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif Tipe (TPS) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD)
Penelitian ini mengambil sampel siswa kelas VIII Semester Genap SMP PGRI 1 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 sejumlah 92 siswa yang terdiri dari 46 siswa yang diberi model pembeajaran kooperatif tipe Tipe Think Pair Share (TPS) dan 46 siswa diberi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode dokumentasi dan tes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Mengacu pada permasalahan tersebut, maka hipotesis diuji menggunakan rumus t-test.
Hasil penelitian pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Brebes, yaitu hasil perhitungan hipotesis ke-1 menggunakan t-test diperoleh nilai thitung= 2,83 > thitung = 1,99 yang dapat diartikan bahwa ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar Matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Hasil perhitungan hipotesis ke-2 menggunakan t-test diperoleh nilai thitung= 2,83 > thitung = 1,67 yang dapat diartikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).
PMTK081004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain