Skripsi
Efektifitas Penggunaan Aljabar Boolean dalam Pembelajaran Perancangan Pengendali Elektromagnetik / elektronik dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar dan Apresiasi Belajar Matematika Kejuruan " (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada kelas XI Teknik Insta
EKO RIYANTO, 2010 , EfektifitasPenggunaan Persamaan Aljabar Boolean dalam Pembelajaran Perancangan Rangkaian Pengendali Elektromagnetik/Elektronik dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar dan Apresiasi Belajar Matematika Kejuruan ( Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Matematika. Munadi M.Si, Drs.Ponoharjo,M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Aljabar Boolean, Pengendali Elektromagnetik, Prestasi, Apresiasi,Matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menumbuhkan apresiasi belajar matematika dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XI TITL(Teknik Instalasi Tenaga Listrik )SMK Negeri I Bulakamba Brebes tahun pelajaran 2009/2010 sekaligus menumbuhkembangkan wawasan siswa tentang manfaat dan peranan matematika pada bidang kejuruan khususnya teknik. Dengan melalui contoh aplikasi Boolean dalam teknik pengendali diharapkan akan memotivasi dan menumbuhkan inovasi siswa sehingga meningkatkan apresiasi belajar siswa dan akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar matematika .
Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart dimana prosedur penelitian dirancang dalam dua siklus sedemikian sehingga setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan/praktek, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian kelas XI TITL(Teknik Instalasi Tenaga Listrik ) dan jenis data yang diambil adalah data kualitatif yang diperoleh dari lembar observasi, nilai pelaksanaan tugas praktek, nilai hasil praktek, hasil pengamatan dan refleksi.
Dari hasil penelitian setelah dua siklus diberikan terjadi peningkatan minat dan apresiasi belajar siswa dan prestasi hasil belajarnya ada peningkatan, dimana secara klasikal prosentase prestasi hasil belajar siswa memperoleh nilai diatas batas atau sama dengan batas KKM pada awal siklus I ditemukan hal - hal yang kurang baik dalam pembelajaran dan ada perubahan menjadi lebih baik setelah siswa diberikan tindakan pada siklus II dengan ketercapaian prestasi belajar sebagaimana yang diharapkan. Disamping itu dengan menggunakan Persamaan Aljabar Boolean dalam perancangan rangkaian pengendali dapat menumbuhkan apresiasi belajar matematika yang sekaligus akan meningkatkan prestasi belajar matematika sehingga akan memacu motivasi dan inovasi belajar matematika siswa terhadap bidang teknologi / bidang keilmuan yang lain.
PMTK081005 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain