Skripsi
Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel (Suatu Penelitian Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Randudongkal Kabupa
HENDRA LAUCKHY. NPM : 1705500786. 2010. "Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel (Suatu Penelitian Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Randudongkal Kabupaten Pemalang pada Tahun Pelajaran 2009/2010)". Skripsi Program Studi Pendidikan matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem solving dengan model pembelajaran problem posing dan jika ada, apakah siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem solving lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran problem posing.
Penelitian ini mengambil lokasi SMP Negeri 2 Randudongkal Kabupaten Pemalang pada Tahun Pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester I. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling.
Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Pada tahap awal diambil nilai Ujian Tengah Semester 1 dari kedua kelas. Pada perhitungan uji prasyarat terbukti data berdistribusi tidak normal dan data tidak homogen. Kemudian dengan menggunakan Statistik Uji-U diperoleh zhitung = -0,22 dan diperoleh ttabel = 1,96. Hal ini menunjukkan harga H0 ada pada daerah penerimaan sehingga dapat dikatakan prestasi belajar kemampuan awal kelas eksperimen setara dengan kelas kontrol.
Dari hasil perhitungan uji prasyarat pada nilai hasil penelitian, terbukti data ada yang berdistribusi tidak normal. Karena salah satu syarat dari uji prasyarat tidak terpenuhi, maka untuk menguji hipotesis hasil penelitian yang diajukan digunakan Statistik Uji-U pula. Dari hasil perhitungan diperoleh zhitung sebesar -2,45. Sedangkan dengan ? = 5% diperoleh harga ztabel sebesar 1,96. Dengan demikian maka Ho ada pada daerah penolakan. Yang berarti terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem solving dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem posing pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel. Sedangka dengan melihat nilai rata-rata kelas, terlihat bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem solving lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem posing pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.
PMTK081006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain