Skripsi
Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Alat Peraga secara Bilingual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP N 1 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010
AENI, KHUROTUN. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Alat Peraga secara Bilingual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Semester 2 SMPN 1 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pembelajaran berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah Matematika.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti mata pelajaran matematika dengan pembelajaran berbasis masalah dengan media alat peraga secara bilingual lebih baik daripada siswa yang mengikuti mata pelajaran matematika dengan pembelajaran konvensional pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volum prisma dan limas siswa kelas VIII semester 2 SMPN 1 Slawi tahun pelajaran 2009/2010.
Pengambilan sampel dalam penelitian digunakan teknik cluster random sampling. Siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan yaitu pembelajaran berbasis masalah dengan media alat peraga secara bilingual, sedangkan kelas kontrol adalah pembelajaran konvensional tanpa menggunakan alat peraga secara bilingual. Alat pengumpul data yaitu berupa lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas varians dan uji kesamaan rata-rata(uji pihak kanan) untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Dari hasil analisis diperoleh untuk uji normalitas sebesar 4.487 dan 1.04 untuk uji homogenitas varians dan penelitian hasil uji t diperoleh, nilai t sebesar 0.526 < ttabel (1,68) atau dengan kata lain kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan pemecahan matematika kelas kontrol.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah dengan media alat peraga secara signifikan lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada sub pokok bahasan Luas Permukaan dan Volum Prisma dan Limas kelas VIII SMP Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2009/2010.
Saran yang dianjurkan bagi para guru adalah pembelajaran berbasis masalah dengan media alat peraga dapat dikembangkan untuk diterapkan pada pokok bahasan tertentu selain sub pokok bahasan Luas Permukaan dan Volum Prisma dan Limas.
PMTK081007 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain