Skripsi
Keefektifan Pembelajaran dengan Media Animasi dan LKS Mandiri pada Pokok Bahasan Lingkaran terhadap Prestasi dan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas VIII MTs NU 01 Wahid Hasyim Talang Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
ROYANAH. 2010, Keefektifan Pembelajaran dengan Media Animasi dan LKS Mandiri pada Pokok Bahasan Lingkaran terhadap Prestasi dan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas VIII MTs NU 01 Wahid Hasyim Talang Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Matematika. Drs. Ponoharjo, M.Pd. Munadi, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Media Animasi, LKS Mandiri, Lingkaran, Ketuntasan Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan gabungan dua jenis media yaitu media visual gerak (animasi) dan media cetak (LKS) pada Standar Kompetensi (SK) Geometri dan Pengukuran dengan materi pokok Lingkaran terhadap prestasi dan ketuntasan belajar siswa, dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori (konvensional). Serta mengetahui respon siswa terhadap strategi pembelajaran tersebut.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester 2 yang terdiri atas 7 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 263 orang, di MTs NU 01 Wahid Hasyim Talang tahun pelajaran 2009/2010. Sampel penelitian terdiri atas 2 kelas yaitu kelas VIIIE dan kelas VIIIF. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi dan ketuntasan belajar siswa. Sedangkan variabel bebasnya adalah pembelajaran dengan media animasi dan LKS mandiri. Pengambilan data dilakukan dengan post test. Selanjutnya dilakukan uji beda dua rerata menggunakan statistik uji Mann Whitney U dan uji ketuntasan belajar siswa menggunakan uji t.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai Zhitung sebesar 4,84 > Ztabel pada taraf signifikansi 0,05 yaitu 1,96; kesimpulan uji terima Ha yang menyatakan terdapat perbedaan rerata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana maen ranking kelas eksperimen 51,6 > mean ranking kelas kontrol 26,76. Kemudian uji ketuntasan belajar kelas eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 5,049 > ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan db = 39 yaitu 2,023; kesimpulan uji terima Ha yang menyatakan bahwa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan media animasi dan LKS mandiri memiliki keefektifan yang tergolong baik ditinjau dari prestasi dan ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil angket respon siswa, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian besar siswa kelas eksperimen menyukai pembelajaran matematika dengan media animasi dan LKS mandiri.
PMTK081009 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain