Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achivement Divisions dengan Media LKS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2
AINUL FALAKH, 2010. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achivement Divisions dengan Media LKS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 Untuk Kompetensi Materi Sistem Persamaam Linear Dua Variabel), Skripsi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci: STAD, LKS, Prestasi Matematika
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Tegal dalam kompetensi materi sistem persamaan linear dua variabel melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achivement Divisions dengan media LKS.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 sebanyak 33 siswa terdiri atas 17 siswa putra, 16 siswa putrid dan seorang pengamat sebagai teman sejawat. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan penelitian ini dengan mengumpulkan nilai tes formatif I, nilai formatif II dan nilai kuis. Sebagai tolok ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa pada kompetensi materi sistem persamaan linear dua variabel meningkat yaitu nilai rata-rata yang dihasilkan 59 atau lebih dan siswa yang mendapatkan nilai 59 atau lebih sejumlah minimal 85% dari jumlah siswa.
Hasil observasi selama dari siklus I dan siklus II menunjukkan adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yaitu efektifitas kelompok dan aktifitas siswa mengikuti pelajaran semakin meningkat. Demikian pula kegiatan guru dalam kegiatan belajar mengajar semakin meningkat. Hasil belajar pada siklus I masih belum memenuhi KKM sedangkan pada siklus II sudah memenuhi KKM berarti dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dengan media LKS dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Tegal.
PMTK081012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain